ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SISTEM PRE ORDER (PO) BERANTAI (Studi Kasus Antara Omah Geulis, Sayse.id, dan R2Shop)

Aziz, Surya Abdul (2021) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SISTEM PRE ORDER (PO) BERANTAI (Studi Kasus Antara Omah Geulis, Sayse.id, dan R2Shop). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SURYA ABDUL AZIZ-210217107-HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aziz, Surya Abdul, 2021, Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sistem Pre Order (Po) Berantai (Studi Kasus Antara Omah Geulis, Sayse.Id, Dan R2shop). Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Farida Sekti Pahlevi, M.Hum.
Kata kunci/keyword: Hukum Islam, Online Shop, Jual beli Pre Order, Jual beli Salam, jual beli pre order berantai
Penelitian ini dilatar belakangi dengan fenomena berkembangnya jual beli online dengan sistem pre order. Jual beli Pre order adalah jual beli pesanan yang didalam Islam menggunakan akad Salam. Jual beli pre oder berantai yang dilakukan antara online shop omah geulis, sayse.id, dan r2Shop ini sama-sama menjual barang yang belum diserahterimakan atau masih berstatus pesanan. Dalam mekanismenya jual beli pre order berantai ini terdapat dua tahapan pembayaran yang di lakukan pada saat akad berlangsung dan dilakukan pelunasan pada saat barang sudah tersedia atau sudah siap dikirim. Dalam perjanjian jual beli pre order berantai juga tidak terdapat waktu penyerahan barang secara pasti. Tidak jarang dalam penyerahaan barangnya terjadi keterlambatan yang akhirnya berdampak pembatalan pesanan yang dilakukan pembeli atau reseller. Jual beli salam pembayaran harus dilakukan secara tunai dan didalam jual beli salam tidak boleh menjual barang sebelum diserah terimakan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap objek pada jual beli pre order berantai antara online shop omah geulis, sayse.id dan r2shop? (2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap mekanisme pembayaran pada jual beli pre order berantai antara online shop omah geulis, sayse.id dan r2shop? (3) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap pembatalan pesanan pada jual beli pre order berantai antara online shop omah geulis, sayse.id dan r2shop?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dengan mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah objek pada jual pre order berantai antara omah geulis, sayse.id, dan r2Shop tidak diperbolehkan menurut hukum Islam karena tidak diperbolehkan menjual barang atau objek yang dibeli dengan jual beli salam apabila belum diserahkan. Mekanisme pembayaran pada jual pre order berantai antara omah geulis, sayse.id, dan r2Shop tidak sesuai menurut Hukum Islam karena pembayaran dalam jual beli salam harus dilakukan secara kontan. Pembatalan pesanan pada jual beli pre order berantai antara omah geulis, sayse.id, dan r2Shop sudah sesuai menurut hukum Islam karena pada saat pembatan uang yang dibayarkan dikembalikan seutuhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:55
Last Modified: 28 May 2021 03:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item View Item