KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 PONOROGO

Risdamayanti, Risdamayanti (2021) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317081-RIDAMAYANTI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Risdamayanti, 2021. Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Arif Rahman Hakim, M.Pd.
Kata Kunci : Kreativitas, Pembelajaran Daring, PAI.
Adanya virus corona Covid-19 merubah sistem pendidikan yang ada di Indonesia, yang semula kegiatan pembelajaran dilakukan secara tatap muka, kini harus dilaksanakan dengan pembelajaran daring. Dalam masa pandemi Covid-19 ini, guru PAI di SMK Negeri 2 Ponorogo melakukan inovasi baru dan kreativitas di dalam pembelajaran daring dengan memanfaatkan media pembelajaran (teknologi). Guru mampu menggunakan media pembelajaran daring, seperti menggunakan media whatsApp, media Youtube, media Google Classroom, media Google Internet, dan Power Point.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Ponorogo. (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Ponorogo. (3) Bagaimana kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Mengenai teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan-tahapan dalam penelitian berupa tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, serta tahap analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan media pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Ponorogo yaitu dengan memanfaatkan teknologi. Seperti menggunakan media WhatsApp, media Google Classroom, media Youtube, media Google Internet, membuat media sendiri yakni Power Point. (2) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Ponorogo yaitu guru menggunakan metode tanya jawab untuk membuat pembelajaran daring menarik dan tidak membosankan, sehingga siswa ikut berperan aktif di dalam pembelajaran daring. (3) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PAI di SMKN 2 Ponorogo ialah kesulitan dalam hal menyampaikan materi kepada siswa, penggunaan jaringan internet, kurangnya pemahaman guru terhadap tools internet, keterbatasan waktu dalam mengajar, pengalaman mengajar guru, belum siap menghadapi perubahan situasi yang biasanya dilakukan tatap muka sekarang pembelajaran dengan daring atau jarak jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:44
Last Modified: 28 May 2021 03:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item