Hubungan antara Kreativitas Guru dan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Ajaran 2020/2021

Sari, Widya Paramita (2021) Hubungan antara Kreativitas Guru dan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
WIDYA PARAMITA SARI 210317036 PERPUS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sari, Widya Paramita. 2021. Hubungan antara Kreativitas Guru dan Kedisiplinan dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kedisiplinan, Hasil Belajar PAI.

Pendidikan merupakan aktivitas mengembangkan seluruh aspek dalam diri manusia yang berjalan seumur hidup. Pendidikan tidak sebatas pengembangan intelektual namun juga mengembangkan seluruh aspek kepribadian manusia. Hasil belajar yaitu hasil yang didapatkan seseorang pelajar yang dapat diterima secara menyeluruh mencakup ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.
Pandemi coovid-19 membuat pembelajaran yang semula tatap muka beralih ke pembelajaran jarak jauh. Menyebabkan berbagai permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Keterbatasan sarana dan prasarana serta tingkat kepatuhan siswa terhadap tanggung jawab tugas sekolah serta pembelajaran yang diberikan oleh guru hanya memberikan tugas menyebabkan menurunnya hasil belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 10 Kota Madiun.
Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Kreativitas guru adalah salah satu faktor eksternal. Sedangkan kedisiplinan menjadi salah satu faktor internal yg dapat mempengaruhi hasil belajar.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui : (1) hubungan antara kreativitas guru dengan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Ajaran 2020/2021; (2) hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Ajaran 2020/2021; (3) hubungan antara kreativitas guru dan kedisplinan dengan hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun Tahun Ajaran 2020/2021.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan korelasi ganda.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun dengan tingkat korelasi rendah. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun dengan tingkat korelasi rendah.(3) Ada hubungan yang signifikan antara kreativitas guru dan kedisiplinan dengan hasil belajar PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Madiun dengan tingkat korelasi yang cukup kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:57
Last Modified: 28 May 2021 03:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item View Item