Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Daring di SMPN 1 Jetis Ponorogo

Maghiroh, Alda Alfia (2021) Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Daring di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALDA ALFIA M 210317064 FIKSS-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alda, Alfia. 2021. Upaya Guru Pai dalam Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran Daring di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci : Upaya Guru, Evaluasi Pembelajaran, Daring.
Penelitian ini mengkaji Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Evaluasi Pembelajaran daring di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Pembahasan skripsi ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran daring guru dituntut untuk mampu merancang atau mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat yang sesuai dengan situasi saat pandemi, pembelajaran daring ini menimbulkan banyak permasalahan bagi orag tua, siswa dan guru. Maka dari ini perlu adanya upaya guru untuk mengembangkan evaluasi daring.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran daring, serta kendala-dalam evaluasi pembelajaran PAI dalam megembangkan evaluasi pembelajaran daring di SMPN 1 Jetis, serta memaparkan dan menganalisis pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di SMPN 1 Jetis dan melihat evaluasi yang dilaksanakan guru di SMPN 1 Jetis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus di SMPN 1 Jetis Ponorogo. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman dalam meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisa data ditemukan bahwa (1) terdapat tindakan atau upaya guru untuk meningkatkan pemahaman siswa di SMPN 1 Jetis Ponorogo, guru mengembangkan evaluasi menggunakan GC dan WA, melakukan kegiatan praktik melalui video dan dikirim melalui WA, Penggunaan media yang sangat kreatif. (2) peranan guru dalam meningkatkan pemahaman dengan melakukan tanya jawab dikolom komentar di GC, menggunakan berbagai media agar siswa tidak bosan, terdapat guru yang belum menggunakan media yang kreatif. (3) kendala saat pembelajaran daring yaitu sinyal dan kefokusan siswa, siswa yang rumahnya daerah dataran tinggi susah mengakses pembelajaran, kefokusan siswa terhadap mata pelajaran kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:37
Last Modified: 28 May 2021 03:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13978

Actions (login required)

View Item View Item