Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Produksi Tusuk Sate Antara CV Kebon Rezeki Dan CV Bambu Barokah Di Pacitan

Kholis, Faudik Nur (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Produksi Tusuk Sate Antara CV Kebon Rezeki Dan CV Bambu Barokah Di Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
siap upload.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kholis, Faudik Nur, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerja Sama Produksi Tusuk Antara CV Kebon Rezeki Dan CV Bambu Barokah Di Pacitan. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ahmad Syakirin, M.H.

Kata Kunci / keyword : Kerjasama, Shirkah ‘inan

Kerjasama (shirkah) merupakan perkongsian antara dua pihak atau lebih dalam menjalankan sebuah usaha, baik dalam jasa ataupun perdagangan yang mana dalam modal shirkah boleh dari salah satu pihak atau dari kedua belah pihak. Salah satu kerjasama yang terjadi di tengah masyarakat yaitu kerjasama yang dilakukan oleh CV Kebon Rezeki dan CV Bambu Barokah di Pacitan yang bekerjasama dalam hal produksi tusuk sate, kerjasama yang dilakukan tersebut dikategorikan dalam shirkah ‘inan, dimana masing-masing pihak memberikan modal dalam jumlah tidak sama antara satu dengan yang lainnya, dan dalam pembagian keuntungannya juga berbeda dari masing-masing pihak, sesuai dengan kesepakatan yang dibuat oleh para pihak.
Dalam penelitian ini, permasalahan yang akan dibahas oleh penulis adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap bentuk kerjasama produksi tusuk sate antara CV Kebon Rezeki dengan CV Bambu Barokah di Pacitan ? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian sengketa dalam kerjasama produksi tusuk sate antara CV Kebon Rezeki dan CV Bambu Barokah di Pacitan ?
Untuk menemukan dan menganalisis data dari penelitian lapangan ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi pada CV Kebon Rezeki dan CV Bambu Barokah.
Dalam pembahasan pada penelitian ini disimpulkan bahwa, (1) bentuk kerjasama tersebut jika dilihat dari ketentuan shirkah sudah terpenuhi syarat dan rukunnya dan sudah sesuai dengan hukum Islam, dan jika dilihat dari jenis shirkah dalam kerjasama tersebut adalah shirkah ‘inan. (2) penyelesaian sengketa dalam kerjsama tersebut dengan jalan perdamaian, melakukan musyawarah secara bersama-sama dan menghasilkan kesepakatan baru untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi, dan jika dilihat dari ketentuan-ketentuan dalam melakukan perdamaian (s}ulh) para pihak dalam melakukan perdamaian tersebut sudah terpenuhi ketentuannya dan sudah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:34
Last Modified: 28 May 2021 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item View Item