Efektifitas Metode Role Playing Terhadap Karakter Keteladanan Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Saida, Izza Imroa (2020) Efektifitas Metode Role Playing Terhadap Karakter Keteladanan Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316378 IZZA IMROA SAIDA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Saida, Izza Imroa. 2020. Efektifitas Metode Role Playing Terhadap Karakter Keteladanan Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Wirawan Fadly, M. Pd.

Kata Kunci: Metode Role Playing dan Karakter keteladanan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang berkarakter dalam kehidupan sehari-hari terutama saat di sekolah. Karakter keteladanan merupakan identitas khas seorang individu yang diajarkan dan dibiasakan melalui contoh nyata dimana peserta didik dapat meniru dari segi perkataan, perbuatan maupun cara berfikir. Pembentukan karakter dapat dilakukan melalui keteladanan dari seseorang yang berpengaruh terhadap pendidikan dan dalam kehidupan manusia sehari-hari adalah uswatun hasanah atau suri teladan. Maka dari itu peneliti mengambil keteladanan dari seorang nabi Muhammad saw yaitu teladan umat Islam dengan menggunakan penerapan metode role playing.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan metode role playing pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo dan (2) mengetahui karakter keteladanan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo (3) mengetahui efektifitas posttest dan pretest dalam menggunakan metode role playing terhadap karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Ponorogo dengan menggunakan metode yang digunakan adalah metode kuantitatif model pre-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Populasi penelitian sejumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, tes, dan angket. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu uji-t.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa (1) penerapan metode role playing pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XII SMA 3 Muhammadiyah Ponorogo masuk dalam kategori baik (2) karakter keteladanan siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam rata-rata mengalami peningkatan dari 80 menjadi 91,5 setelah menerapkan metode pembelajaran role playing (3) posttest lebih efektif dibandingkan pretest dalam menggunakan metode role playing terhadap karakter keteladanan siswa kelas XII SMA 3 Muhammadiyah Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:31
Last Modified: 28 May 2021 03:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13966

Actions (login required)

View Item View Item