ANALISIS KEYAKINAN GURU TENTANG KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Kasus Pada Forum MGMP IPA SMP di Kabupaten Ponorogo)

Putri, Widya Retno (2021) ANALISIS KEYAKINAN GURU TENTANG KREATIVITAS ILMIAH PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Kasus Pada Forum MGMP IPA SMP di Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211317079 WIDYA RETNO PUTRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putri, Widya Retno. 2021. Analisis Keyakinan Guru Tentang Kreativitas Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA (Studi Kasus Pada Forum MGMP IPA SMP di Kabupaten Ponorogo). Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Wirawan Fadly, M.Pd.

Kata kunci: Keyakinan guru, Kreativitas ilmiah, Pembelajaran berbasis inquiry, Pembelajaran IPA.

Kreativitas ilmiah yang dimiliki oleh peserta didik dapat menjadi salah satu motivasi intrinsik bagi peserta didik dalam pembelajaran IPA. Selain itu, juga dapat membantu peserta didik dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi, karena pembelajaran IPA mempunyai keterkaitan erat dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Dalam upaya meningkatkan kreativitas ilmiah peserta didik dalam pembelajaran IPA harus memperhitungkan keyakinan atau pandangan guru terlebih dahulu. Keyakinan guru tentang kreativitas ilmiah peserta didik dalam pembelajaran IPA menjadi hal yang penting, dimana nantinya guru sendiri yang berperan membentuk dasar identifikasi dan memfasilitasi kreativitas ilmiah peserta didik di kelas. Beragam penelitian yang terkait dengan kreativitas ilmiah telah banyak dilakukan, namun masih terdapat beberapa kekurangan di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) keyakinan guru tentang sifat kreativitas ilmiah dan karakteristik peserta didik kreatif, (2) ide-ide guru dalam mengajar untuk kreativitas ilmiah peserta didik dalam pembelajaran IPA, dan (3) keterkaitan antara ide-ide guru dalam mengajar untuk kreativitas ilmiah peserta didik dengan pembelajaran berbasis inquiry.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif desain naturalistic dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi, kuesioner pertanyaan terbuka dan wawancara mendalam (in depth interview) kepada sekelompok guru sebanyak 8 orang yang tergabung dalam forum MGMP IPA SMP Kabupaten Ponorogo. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan model analisa Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga langkah yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada proses analisa data menggunakan bantuan software Nvivo12 sebagai media dalam proses koding dan visualisasi data.
Berdasarkan hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa (1) guru meyakini kreativitas ilmiah sebagai kreativitas yang sifatnya ilmiah, yaitu didasarkan pada pengetahuan ilmiah dan prinsip-prinsip ilmiah. Dalam hal ini berarti guru mampu menangkap ciri utama dari kreativitas ilmiah yang membedakannya dengan kreativitas pada bidang umum lainnya. Namun, keyakinan guru tentang karakteristik peserta didik kreatif masih kontrakdiktif yang ditunjukkan dari cara guru mendeskripsikan karakteristik peserta didik kreatif cenderung pada kemampuan berpikir divergen (divergent thinking) dan mengabaikan kemampuan berpikir konvergen (convergent thinking). (2) Keyakinan guru tentang lingkungan belajar yang dapat mendorong kreativitas ilmiah peserta didik adalah lingkungan belajar yang menyenangkan dan mengacu pada prinsip pembelajaran kontruktivisme, dimana peran guru hanya sebagai fasilitator yang memfasilitasi peserta didik dalam membangun pengetahuan. Hal tersebut didasarkan atas ide-ide para guru dalam mengajar untuk kreativitas ilmiah yang meliputi pembelajaran berbasis inquiry, pembelajaran otonom (autonomus learning) dan beragam kegiatan yang menyenangkan (3) Ide-ide dalam mengajar untuk kreativitas ilmiah peserta didik yang diajukan oleh para guru memiliki keterkaitan erat dengan pembelajaran berbasis inquiry yang dalam berbagai literatur memang ditekankan dan paling banyak digunakan dalam mengembangkan kreativitas ilmiah peserta didik. Keterkaitan tersebut terletak pada tingkat keterbukaannya yang lebih tinggi terhadap ide dan pengalaman belajar peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 03:28
Last Modified: 28 May 2021 03:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13965

Actions (login required)

View Item View Item