POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DENGAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 DI MIN 7 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ukinisak, Cahya Maulida (2021) POLA KOMUNIKASI ANTARA ORANG TUA DENGAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 DI MIN 7 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI E THESIS CAHYA MAULIDA UKINISAK.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ukinisak, Cahya Maulida. 2021. Pola Komunikasi antara Orang Tua dengan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 6 di MIN 7 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M. Pd.

Kata Kunci: Pola Komunikasi, Motivasi Belajar

Penulisan skripsi ini berdasarkan latar belakang pola komunikasi yang dilakukan antara orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas 6 di MIN 7
Ponorogo. Orang tua dan guru merupakan faktor penting dalam menstimulus motivasi belajar anak. Kerja sama antara orang tua dengan guru dilakukan agar motivasi belajar siswa dapat lebih meningkat dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi antara
orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di MIN 7 Ponorogo, (2) mendeskripsikan faktor penghambat dalam komunikasi antar orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di MIN 7 Ponorogo, (3) mendeskripsikan bagaimana dampak pola komunikasi antara orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di MIN 7 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pola komunikasi yang digunakan oleh orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di MIN 7 Ponorogo yaitu pola komunikasi interpersonal dan pola komunikasi kelompok. Pola komunikasi interpersonal dilakukan oleh orang tua kepada guru maupun guru kepada orang tua secara perseorangan
sedangkan pola komunikasi kelompok digunakan ketika orang tua dengan guru saling berkomunikasi dalam kelompok pertemuan maupun Whatsapp group, (2) faktor penghambat
yang ditemui saat melalukan komunikasi antara orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di MIN 7 Ponorogo yaitu hambatan mekanis, hambatan sosiologis, dan hambatan situasional. Ketiga hambatan ini biasa dialami oleh guru maupun orang tua seperti
gangguan jaringan, rasa canggung, dan waktu respon dari orang tua, (3) dampak pola komunikasi antara orang tua dengan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 6 di MIN 7 Ponorogo yaitu motivasi belajar anak meningkat saat belajar dari rumah maupun belajar di
sekolah. Guru selalu berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Orang tua berperan aktif untuk memberikan motivasi kepada anak baik secara langsung, memberikan pujian, maupun memberikan hadiah makanan kesukaan anak.
Motivasi yang diberikan oleh orang tua dan guru dapat menstimulus anak untuk lebih bersemangat, lebih disiplin, dan lebih bertanggung jawab dalam belajar. Dampak nyata pada
motivasi belajar anak diantaranya jam belajar anak menjadi bertambah setiap harinya, bersemangat dalam mengerjakan tugas tanpa diminta oleh orang tua, mengumpulkan tugas tepat
pada waktunya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 01:43
Last Modified: 28 May 2021 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13956

Actions (login required)

View Item View Item