Nilai-Nilai Pendidikan Islam Menurut M. Quraish Shihab Dalam Video YouTube Najwa Shihab Edisi Ramadan 1439 H/2018 M

Anggrayni, Lailya (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Menurut M. Quraish Shihab Dalam Video YouTube Najwa Shihab Edisi Ramadan 1439 H/2018 M. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LAILYA ANGGRAYNI.SKRIPSI.210317053.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi tidak menghalangi keberlangsungan kegiatan dakwah. Justru teknologi memberikan kontribusi dalam pengembangan kemajuannya. Eksistensi dakwah dalam menyebarkan Islam begitu penting. Idealnya, dalam kegiatan berdakwah, peran da’i serta-merta memberikan pemahaman didalamnya. Tentu pengajaran-pengajaran dari materi yang telah diberikan bukan hanya sekadar kalimat-kalimat kosong yang tidak mencerminkan realitas, melainkan kalimat yang mendidik untuk memperkaya pengetahuan tentang agama sebagai pembelajaran dalam menjalankan realita kehidupan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terlihat dalam video dakwah diharapkan memberikan pengetahuan bahwa dakwah tidak hanya tentang religius, sejatinya mencakup nilai pendidikan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konten video M. Quraish Shihab dalam YouTube Najwa Shihab edisi Ramadan 1439 H/2018 M, (2) menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab dalam video YouTube Najwa Shihab edisi Ramadan 1439 H/2018 M, (3) menganalisis metode penyampaian pendidikan Islam M. Quraish Shihab dalam video YouTube Najwa Shihab edisi Ramadan 1439 H/2018 M.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini mengambil dari video M. Quraish Shihab dalam channel YouTube Najwa Shihab pada video edisi Ramadan 1439 H/2018 M. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui teknik dokumenter berupa teknik mengumpulkan literasi-literasi yang relevan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis isi oleh Margrite Schreier dengan menganalisis data-data video M. Quraish Shihab dalam YouTube Najwa Shihab edisi Ramadan 1439 H/2018 M.
Berdasarkan analisis data, hasil dari penelitian ini adalah: (1) terungkapnya konten-konten M. Quraish Shihab yang ditayangkan terbagi dalam video YouTube Najwa Shihab edisi Ramadan 1439 H/2018 M tergolong ke dalam tiga kategori, yaitu akidah, akhlak dan syari’ah. (2) terungkapnya nilai-nilai pendidikan Islam menurut M. Quraish Shihab yang terbagi dalam tujuh kategori, yaitu pendidikan keimanan, pendidikan akhlak/moral, pendidikan kejiwaan, pendidikan rasio, pendidikan fisik/jasmani, pendidikan sosial kemasyarakatan, dan pendidikan seksual. (3) terungkap bahwa metode penyampaian pendidikan Islam M. Quraish Shihab yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 01:44
Last Modified: 28 May 2021 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13955

Actions (login required)

View Item View Item