Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membaca Al-Qur'an dengan Metode An-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo

Ulinafiah, Septian Nur Azmi (2021) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membaca Al-Qur'an dengan Metode An-Nahdliyah di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316190_SEPTIAN NUR AZMI ULINAFIAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ulinafiah, Septian Nur Azmi. 2021. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode An-Nahdliyah di Madasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kata kunci: Motivasi, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode An-Nahdliyah
Kemampuan membaca al-Quran baiknya harus dikuasai oleh orang muslim. Karena Al-Qur’an merupakan kitab suci yang senantiasa harus dikaji dan minimal dibaca untuk setiap harinya, kenyataan yang terlihat terdapat siswa yang masih sulit untuk diajak belajar Al-Qur’an karena usia mereka masih 6 - 11 tahun, motivasi mereka masih kurang karena di pikiran mereka hanya ada bermain, begitu juga dalam kemampuan membaca Al-Qur’an ada yang masih belum bisa membedakan huruf-huruf yang sama sepeti dho-zho, sa-sha, sho-tho huruf yang memiliki titik seperti fa-qo, ta-tsa. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu adanya dorongan motivasi yang kuat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah metode untuk memudahkan dan meningkatkan membaca Al-Qur’an. Salah satu metode yang dianggap mudah dalam belajar Al-Qur’an sekaligus dapat meningkatkan motivasi adalah dengan Metode An-Nahdliyah yang digunakan di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda.
Tujuan penelitian ini untuk (1) Menjelaskan motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. (2) Menjelaskan pelaksanaan Metode An-Nahdliyah dalam upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Sukorejo. (3) Mendeskripsikan dampak penggunaan Metode An-Nahdliyah terhadap motivasi dan membaca Al-Qur’an siswa Madrasah Diniyah Roudlotul Huda Sukorejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode analisis deskriptif. Proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi, display dan konklusi.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa (1) Motivasi dan kemampuan membaca Al-Qur’an meningkat terbukti dengan semakin baiknya pelafalan huruf, sifat-sifat huruf, makharijul huruf, dan penerapan tajwid (2) Pelaksanaan Metode An-Nahdliyah dilaksanakan selama 4 hari setelah shalat ‘Ashar dengan menggunakan program pembelajaran buku paket jilid 6 dan program sorogan Al-Qur’an, menggunakan berbagai metode penyampaian seperti metode Tanya Jawab, metode Drill, metode Demonstrasi dan metode Ceramah. (3) Dampak pembelajaran Metode An-Nahdliyah, yaitu semakin meningkat keterampilan dalam membaca Al-Qur’an dengan fasihnya melafalkan ayat Al-Qur’an beserta penerapan tajwid, tidak ada siswa yang molor bahkan saling berebut untuk membaca Al-Qur’an lebih dahulu dengan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 07:54
Last Modified: 27 May 2021 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item