..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, KEASLIAN BESERTA MATERAI DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas XI di SMAN 1 Sambit Ponorogo

Saputri, Yunita Eny (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, KEASLIAN BESERTA MATERAI DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Implementasi Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas XI di SMAN 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317016_YUNITA ENY SAPUTRI_PAI.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Saputri, Yunita Eny. 2021. Implementasi Metode Inquiry dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PAI Kelas XI di SMAN I Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, S.Ag. M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, Metode Inquiry, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam.

Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik dengan mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pelajaran. Peserta didik belajar untuk mengembangkan kemampuan konseptual ilmu pengetahuan maupun mengembangkan kemampuan dan sikap pribadi yang dapat digunakan mengembangkan dirinya. Pembelajaran dikatakan baik jika seorang guru berhasil membangkitkan motivasi belajar jan menjadikan siswa yang aktif, kreatif, dan mampu mencapai tujuan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana implementasi metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMAN I Sambit Ponorogo. (2) Mengetahui bagaimana hasil implementasi metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMAN I Sambit Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian dan memaparkan data apa adanya sesuai hasil temuan di lapangan. Untuk memperoleh data atau informasi-informasi yang relevan dengan masalah yang dicari. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan ketekunan dan triangulasi. Adapun tahapan-tahapan penelitian menggunakan tahap pra-lapangan, pekerjaan lapangan dan tahap penulisan hasil laporan penelitian.

Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa: (1) Implementasi metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI di SMAN 1 Sambit Ponorogo sudah dilakukan sesuai dengan prosedur pembelajaran Inquiry. (2) Hasil dari implementasi metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berhasil. Indikator peningkatan motivasi tersebut ditandai dengan meningkatnya semangat belajar siswa yang tinggi, antusias dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, berusaha keras untuk mencari tahu dan menemukan tugas yang diberikan oleh guru, serta rasa ingin tahu yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: KHARISUL WATHONI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 May 2021 01:42
Last Modified: 28 May 2021 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item