Manajemen Program Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo

Santahongki, Tri Silvi (2021) Manajemen Program Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI SILVI SANTAHONGKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Santahongki, Tri Silvi. 2021. Manajemen Program Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I.

Kata Kunci: Manajemen, Ekstrakurikuler, Tahfidz al-Qur’an

Kewajiban manusia terhadap al-Qur’an supaya berfungsi sebagai pedoman hidup dan petunjuk bagi manusia, maka harus selalu dibaca, dihafal, dipahami, diamalkan, dan diajarkan kepada manusia. Di MTs. Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo mempunyai program unggulan madrasah terkait menghafal al-Qur’an. Program unggulannya yakni Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an. Adanya program unggulan ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an ini berlatar belakang dari beragam input siswa yang masuk. Sebagian mereka ada yang sudah bisa membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an, namun sebagian yang lain belum bisa membaca, menulis, dan membaca. Maka dengan ini, kepala madrasah mengadakan Program Ekstrakurikuler Tahfidz al-Qur’an itu untuk menyatukan semua siswa agar bisa membaca, menulis, dan menghafal al-Qur’an.
Penelitian ini terkait manajemen program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an siswa di MTs. Muhammadiyah 2 Jenangan. Tujuan dari penelitian ini; untuk mendeskripsikan pelaksanaan program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an, untuk mendeskripsikan metode peningkatan hafalan al-Qur’an Siswa pada ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an, untuk menganalisis evaluasi program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Subyek penelitian dalam penelititan ini adalah kepala madrasah, pembina, ustadzah pembimbing, serta siswa MTs. Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana, yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilengkapi dengan teknik-teknik pengkodean.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa 1) Manajemen program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an di MTs. Muhammadiyah 2 Jenangan mengacu pada fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Pelaksanaan sudah sesuai dengan faktor yang harus diperlukan dalam program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an, yaitu: Kepemimpinan, Sikap dan moril, Tata hubungan, Perangsang, Supervisi, Disiplin. 2) Pada program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an ditemukan metode-metode yang digunakan siswa dalam proses menghafal al-Qur’an adalah sebagai berikut: wahdah, kitabah, sima’i, jama’, semaan dengan sesama teman tahfidz, takrir, memperbanyak membaca al-Qur’an sebelum menghafal, dan menyetorkan hafalan ke guru yang tahfidz al-Qur’an. 3) Evaluasi program ekstrakurikuler tahfidz al-Qur’an sudah baik, evaluasi menggunakan model evaluasi Stufflebem, dkk. Yakni evaluasi terhadap konteks, evaluasi terhadap masukan, evaluasi terhadap proses, dan evaluasi terhadap hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 07:16
Last Modified: 27 May 2021 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13944

Actions (login required)

View Item View Item