..(FILE BELUM DI UPLOAD, UPLOAD ULANG)...Nilai-Nilai Karakter Guru dalam Buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Relevansi Terhadap Proses Pembelajaran Daring

Ridlo, Muhajir Ainur (2021) ..(FILE BELUM DI UPLOAD, UPLOAD ULANG)...Nilai-Nilai Karakter Guru dalam Buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Relevansi Terhadap Proses Pembelajaran Daring. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ridlo, Muhajir Ainur. 2021. Nilai-Nilai Karakter Guru dalam Buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Relevansi Terhadap Proses Pembelajaran Daring. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Guru, Abdul Fattah Abu Ghuddah, Pembelajaran Daring.
Kondisi pandemi Covid-19 mengakibatkan pemerintah membuat kebijakan dengan merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran berbasis jaringan atau daring. Namun, pelaksanaannya meninggalkan berbagai celah khususnya dari segi guru sebagai promotor pembelajaran. Beberapa kendala yang dihadapi guru baik faktor internal juga eksternal seperti kurangnya penguasaan teknologi sebagai faktor penting dalam terselenggaranya proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola kelas belajar online, pengemasan materi dan penggunaan media, serta hubungan komunikasi dalam pembelajaran daring. Hal tersebut menjadikan pembelajaran berjalan kurang efektif. Pentingnya peran guru dalam terlaksananya proses pembelajaran daring ini menjadi salah satu upaya dalam menyikapi krisis pendidikan di masa pandemi ini. Dengan berkaca dalam khasanah Islam tidak bisa kita pungkiri bahwa kita memiliki guru terbaik yang dapat kita jadikan refrensi dalam menyikapi kondisi saat ini yakni Nabi Muhammad SAW, Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah sebagai suri teladan yang baik.
Tujuan penelitian ini yakni untuk (1) Mengetahui nilai-nilai karakter guru dalam buku Rasulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah. (2) Mengetahui relevansi nilai-nilai karakter Guru dalam buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah terhadap proses pembelajaran daring.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research). Sifat penelitian adalah deskriptif analitik dan metode analisnya adalah analisis isi. Penelitian yang dilakukan dengan mengkaji berbagai data terkait, baik yang berasal dari sumber data (primary sources), maupun sumber data pendukung (secoundary sources). Sumber primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian ini, yaitu: buku Rasulullah Sang Guru yang diterbitkan oleh Pustaka Arafah, Solo tahun 2019. Sedangkan sumber-sumber pendukungnya adalah berupa karya-karya para pemikir lainnya berupa buku, jurnal, dan literatur lain yang mendukung penelitian ini dalam batas relevansinya dengan persoalan yang diteliti.
Berdasarkan penelitian pustaka yang telah dilakukan didapati hasil dalam buku Rasulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah tentang nilai-nilai karakter guru yaitu memuat: (1) pertama, Nilai naluri atau fitrah di dalamnya meliputi: ketenangan diri, wajah berseri-seri atau penampilan yang menarik, ketulusan hati, dan kecerdasan akal. Kedua, Nilai budi pekerti di dalamnya meliputi: teguh dan sabar, berlaku zuhud, tawadhu’, menepati janji, menjaga hubungan. Ketiga, Nilai perkataan dan perbuatan di dalamnya meliputi: menjaga lisan dengan kejelasan jawaban dan memiliki tujuan yang jelas, strategi dan siasat yang benar, dan bersikap adil. Dan (2)relevansi nilai-nilai tersebut terhadap proses pembelajaran daring, yaitu meliputi: Menguatkan tugas guru sebagai manager yang meliputi proses merencanakan, pengaturan, implementasi, pengawasan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Terciptanya suasana belajar yang sejuk dan nyaman dalam fikiran dengan saling memahami kondisi antara guru dan siswa. Mempersiapkan dan memperkuat guru secara psikis sehingga sehingga mampu memaksimalkan dalam mempersiapkan materi, metode, strategi hingga evaluasi. Menjalin dan menjaga hubungan serta komunikasi yang baik sehingga dapat meminimalisir kesalahan penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 07:13
Last Modified: 27 May 2021 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13941

Actions (login required)

View Item View Item