Internalisasi Nilai-nilai Budaya Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di MTsN 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Wahidah, Septia Nur (2021) Internalisasi Nilai-nilai Budaya Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di MTsN 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316128_SEPTIA NUR WAHIDAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahidah, Septia Nur. 2021. Internalisasi Nilai-nilai Budaya Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Di MTsN 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Muhammad Heriyudanta, M. Pd. I.
Kata Kunci: Nilai Budaya Religius, Kegiatan Keagamaan

Pemberian materi pendidikan umum dan agama harus selaras satu sama lain, ketidak seimbangan dalam pemberian materi agama akan mengakibatkan hilangnya nilai-nilai internal pada diri peserta didik. Internalisasi nilai-nilai agama akan membantu peserta didik dalam menghayati nilai-nilai tersebut lewat kegiatan yang ada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Internalisasi nilai-nilai budaya religius melalui kegiatan keagamaan di MTsN 3 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai budaya religius melalui kegiatan keagamaan di MTsN 3 Ponorogo. (3) Untuk mengetahui kontribusi internalisasi nilai-nilai budaya religius melalui kegiatan keagamaan di MTsN 3 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa: (1) Internalisasi nilai-nilai budaya religius di MTsN 3 Ponorogo dilakukan melalui kegiatan keagamaan seperti kegiatan tartil Al-Qur’an, membaca asmaul husna, sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah. Dalam menginternalisasikan nilai-nilai budaya religius, MTsN 3 Ponorogo menggunakan 3 strategi, yaitu pemberian hukuman, pembiasaan, dan keteladanan. (2) Faktor penghambat internalisasi nilai-nilai budaya religius di MTsN 3 Ponorogo melalui kegiatan keagamaan adalah kurangnya kesadaran peserta didik, pengaruh dari teman serta kurangnya pendidikan agama dari orang tua ketika di rumah. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu dukungan dari pihak orang tua dan semua guru di MTsN 3 Ponorogo, serta adanya peserta didik yang yang sudah baik dari segi ibadah dapat menjadi cerminan bagi peserta didik yang lainnya. (3) Konstribusi internalisasi nilai-nilai budaya religius melalui kegiatan keagamaan di MTsN 3 Ponorogo, yaitu: meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam hal apapun terutama dalam segi kedisiplinan waktu, meningkatkan kesadaran peserta didik dalam hal beribadah, dan meningkatkan sikap sosial dan sikap kerukunan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 07:16
Last Modified: 27 May 2021 07:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item View Item