Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Stip & Pensil Karya Ardy Octaviand

Anam, Muhammad Choirul (2021) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Stip & Pensil Karya Ardy Octaviand. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617025 MUHAMMAD CHOIRUL ANAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh marak kasus-kasus gejala degradasi moral serta
karakter yang melibatkan remaja dan khususnya pelajar. Salah satu penyebabnya ialah tontonan
yang seharusnya tidak pantas dilihatnya, karena apa yang dipandang serta didengar dapat
menjadi role model mereka. Film merupakan salah satu media pembelajaran yang efektif untuk
menanamkan nilai-nilai karakter. Adapun film yang diteliti pada penelitian ini adalah film Stip &
Pensil karya Ardy Octaviand. Film Stip & Pensil menampilkan empat sekawan SMA yang
peduli terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan
karakter apa saja yang terdapat dalam film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan studi literatur (library research). Film
Stip & Pensil sebagai data primer atau data utama serta menggunakan bahan-bahan tertulis
seperti buku, artikel, ataupun dokumen lainnya sebagai pembanding atau data sekunder.
Pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan teknik dokumenter, yaitu dokumen tertulis
maupun dokumen terekam. Penelitian ini mengunakan teknik analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa, terdapat 24 nilai
pendidikan karakter dalam film Stip & Pensil karya Ardy Octaviand, sebagaimana yang
diprogramkan Kemendiknas. Ke 24 nilai pendidikan karakter tersebut adalah sebagai berikut: 3
nilai pendidikan karakter cinta damai, 1 nilai pendidikan karakter kreatif, 3 nilai pendidikan
karakter kerja keras, 2 nilai pendidikan karakter tanggung jawab, 1 nilai pendidikan karakter
mandiri, 4 nilai pendidikan karakter peduli sosial, 2 nilai pendidikan karakter toleransi, jujur, 3
nilai pendidikan karakter menghargai prestasi, dan 2 nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Ulfa Nurdahlia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 06:32
Last Modified: 27 May 2021 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13938

Actions (login required)

View Item View Item