Tinjaunan Hukum Islam terhadap Gaduh Sapi pada Kelompok Tani di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun

Kumalasari, Devi (2021) Tinjaunan Hukum Islam terhadap Gaduh Sapi pada Kelompok Tani di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
thesis Devi Kumalasari.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kumalasari, Devi 2021. Tinjauan Hukum Islam terhadap Gaduh Sapi pada Kelompok Tani di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci: Gaduh Sapi, Mud}a>rabah, Akad, Bagi Hasil, Risiko Kerugian
Fiqh muamalah mengatur kehidupan manusia dalam urusan duniawi dan sosial kemasyarakatan, salah satunya adalah tentang mud}a>rabah. Mud}a>rabah adalah kesepakatan antara pemilik modal dengan pengelola dalam sebuah pekerjaan. Pada akad mud}a>rabah modal sebaiknya uang. Bagi hasil disebutkan dalam akad, selain itu bagi hasil mud}a>rabah harus dalam prosentase. Saat terjadi risiko kerugian menjadi tanggungan dari pemodal sedangkan pengelola rugi dari segi aspek non-material. Di Desa Tambakmas terdapat praktik mud}a>rabah dilakukan dengan cara gaduh sapi. Gaduh sapi merupakan kerjasama yang dilakukan oleh dua pihak yaitu kelompok tani dan masyarakat. Kelompok tani memberikan modal bisa berupa sapi betina atau uang. Pada bagi hasil, pengelola bisa mendapatkan sapi yang merupakan keuntungan kerjasama dengan cara memberi bagian bagi hasil yang seharusnya diperoleh kelompok tani. Sedangkan saat terjadi risiko kerugian pengelola menanggung biaya yang dikeluarkan saat merawat sapi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad gaduh sapi pada kelompok tani di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun dan Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap bagi hasil dan risiko kerugian gaduh sapi pada kelompok tani di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah metode reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad kerjasama gaduh sapi, pada rukunnya sudah sesuai, namun syarat dari akad kerjasama mud}a>rabah terjadi perbedaan pendapat. Menurut Imam Abu> Hani>fa, Ma>lik, dan Ah}mad diperbolehkan modal yang tunai, sedangkan menurut Sha>fi’i>yah belum sesuai dengan hukum Islam karena modal yang diberikan berupa modal tidak tunai. Sedangkan pada saat bagi hasil dan menghasilkan keuntungan sudah sesuai dengan hukum Islam, tetapi pada saat terjadi risiko kerugian belum sesuai dengan hukum Islam, dikarenakan pengelola juga harus menanggung biaya yang dikeluarkan saat merawat ternak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Rohmah Maulidia
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 05:47
Last Modified: 27 May 2021 05:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13937

Actions (login required)

View Item View Item