..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR PENGESAHAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)..KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DAN KEMAMPUAN MENULIS ARAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS SISWA KELAS IV MI MA'ARIF MAYAK TONATAN PONOROGO TAHUN AKADEMIK 2019/2020

Islamiyah, Ninda Dzumiratil (2020) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN LEMBAR PENGESAHAN, LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)..KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DAN KEMAMPUAN MENULIS ARAB PADA MATA PELAJARAN AL-QUR'AN HADIS SISWA KELAS IV MI MA'ARIF MAYAK TONATAN PONOROGO TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOUD SKRIPSI FIKS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Islamiyah, Ninda Dzumiratil. 2020. Korelasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an dan Kemampuan Menulis Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing, Dr. Moh. Mukhlas, M. Pd.
Kata Kunci: Membaca Al-Qur’an, Menulis Arab.
Menulis dan membaca merupakan bagian dari komponen berbahasa. Berbagai upaya banyak dilakukan untuk meningkatkan komponen ini. Seperti halnya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Menulis huruf Arab membutuhkan keterampilan yang kontiniu dan teratur. Kemampuan menulis harus dilatih sejak dini, karena selain dituntut harus sesuai kaidah yang tepat, manfaat lain menulis dapat memberikan kesan yang bermakna bagi pembaca. Menulis huruf Arab sangat diperlukan untuk menunjang kemampuan membaca Al-Qur’an. Jadi, selain mampu membaca dengan benar siswa juga mampu menulis huruf Arab yang sesuai kaidah yang tepat. Untuk menjembatani hal ini, maka diperlukan upaya yang serius agar anak didik mampu dan terampil pula dalam membaca Al-Quran dan menulis huruf Arab. Dengan begitu,usahaini diharapkan dapat membentuk umat yang tetap berperilaku sesuai Al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis huruf Arab siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020, (3) menjelaskan adanya hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan menulis huruf Arab siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020.
Untuk menjawab tujuan diatas, penelitian ini dirancang dengan jenis kuantitatif ex post facto, serta dilaksanakan di MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo, yang berjumlah 120 siswa dan sampelnya berjumlah 89 responden dengan teknik sampling Purposive. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) kemampuan membaca Al-Qur’an dalam kategori kurang dengan Mean 79 dan Sdxnya 1,414 (2) kemampuan menulis huruf Arab dalam kategori kurang dengan mean 78 dan nilai Sdynya 1,414, dan (3) keduanya, memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nilai interprestasi 0,977406. Artinya jika kemampuan membaca Al-Qur’an semakin baik, maka kemampuan menulis huruf Arab juga semakin baik, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 05:50
Last Modified: 27 May 2021 05:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13934

Actions (login required)

View Item View Item