Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas X MA Ma'arif Al-Ishlah Tahun Ajaran 2020/2021

Tunmunawaroh, Chomsyah (2021) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas X MA Ma'arif Al-Ishlah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
CHOMSYAH TUNMUNAWAROH (210317061)_SKRIPSI.pdf

Download (943kB) | Preview

Abstract

Tunmunawaroh, Chomsyah, 2021. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih Kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M. Si.
Kata kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi, Prestasi Belajar Fikih
Prestasi belajar Fikih adalah penguasaan pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran Fikih yang ditunjukkan dengan nilai berupa angka. Prestasi belajar Fikih yang tinggi seharusnya dalam bentuk angka, simbol, huruf dan kalimat yang dapat mencerminkan hasil pencapaian dalam proses belajar yang dapar menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, penerapan dan evaluasi. Namun sayangnya di MA Ma’arif Al-Ishlah, khususnya kelas X prestasi belajar Fikihnya masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh hasil observasi yang dilakukan. Faktor yang mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang muncul dari dalam diri siswa yang berupa unsur jasmani (kesehatan dan keadaan tubuh) dan rohani (intelegensi, motivasi, bakat, minat dan kematangan). Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang muncul dari luar diri siswa, diantaranya faktor lingkungan keluarga seperti perhatian dan pola asuh orangtua, faktor sekolah seperti guru dan sarana prasarana sekolah dan juga faktor masyarakat seperti adat atau kebiasaan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah tahun ajaran 2020/2021, 2) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh motivasi teman sebaya terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah tahun ajaran 2020/2021 dan 3) Untuk mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan teman sebaya dan motivasi terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang datanya berupa angka-angka. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu sejumlah 25 sampel. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Lingkungan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah tahun ajaran 2020/2021 dengan besarnya pengaruh sebesar 45,0%, 2) Motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah tahun ajaran 2020/2021 dengan besarnya pengaruh sebesar 55,3% dengan dan 3) Lingkungan teman sebaya dan motivasi belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar Fikih siswa kelas X MA Ma’arif Al-Ishlah tahun ajaran 2020/2021 dengan besarnya pengaruh sebesar 64,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 05:43
Last Modified: 27 May 2021 05:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13927

Actions (login required)

View Item View Item