Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Online) Serta Dampak Psikologisnya Terhadap Peserta Didik Dan Guru Kelas XI MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021

Romadona, Eka Putra (2021) Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Online) Serta Dampak Psikologisnya Terhadap Peserta Didik Dan Guru Kelas XI MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi 210317304 Eka Putra Romadona.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Romadona, Eka Putra. 2021. Implementasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Online) Serta Dampak Psikologisnya Terhadap Peserta Didik Dan Guru Kelas XI MAN 2 Ponorogo Tahun Ajaran 2020-2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Syaiful Arif, M.Pd.,
Kata Kunci: Implikasi Psikologis, Pembelajaran Dalam jaringan (online), Peserta Didik dan Guru.
Proses pendidikan yang dahulu dilaksanakan dengan cara konvensional atau dengan tatap muka, selama pandemi proses tersebut harus dialihkan dengan cara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Perubahan cara pelaksanaan pembelajaran yang demikian ditujukan untuk menekan persebaran virus COVID-19 yang tengah menjadi pandemi di dunia. Pelaksanaan pembelajaran online sendiri sepenuhnya menjadi wewenang lembaga pendidikan sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang menaungi pelaksanaan pembelajaran. Di satu sisi perubahan konsep pendidikan yang demikian memberikan sumbangsih yang cukup besar bagai kemajuan dunia pendidikan di masa depan dengan pemanfaatan teknologi yang ada. Di sisi lain, perubahan yang dilakukan dalam waktu yang singkat dan dengan skala yang terbilang global tanpa adanya persiapan yang matang dapat menimbulkan gejolak-gejolak penolakan dalam diri individu. Gejolak penolakan tersebut adalah sebuah kondisi yang lumrah terjadi pada diri manusia sebagai usaha untuk mempertahankan dirinya. Selama pelaksanaan pembelajaran online dimungkinkan muncul berbagai kendala yang menyangkut psikologis siswa sebagai elemen utama penerima rangsangan pendidikan serta guru sebagai pelaku utama proses pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep pembelajaran dalam jaringan (online) yang dilaksanakan oleh lembaga pendidikan, (2) mendeskripsikan pengaruh psikologis yang terjadi pada siswa sebagai akibat dari perubahan konsep pembelajaran konvensional kepada pembelajaran dalam jaringan (online), (3) mendeskripsikan pengaruh psikologis yang terjadi pada siswa sebagai akibat dari perubahan konsep pembelajaran konvensional kepada pembelajaran dalam jaringan (online).
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif fenomenologi serta dilaksanakan di MAN 2 Ponorogo tepatnya di kelas XI. 13 orang guru pengampu mata pelajaran UAMBN dan UNBN menjadi informan dalam penelitian ini, selain itu 15 orang siswa kelas XI baik konsentrasi IPA, IPS, maupun Agama juga turut menjadi informan dalam penelitian ini. Informan ini diambil dengan teknik Snowball. Penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Pembelajaran online yang dilakukan di MAN 2 Ponorogo menggunakan platform E-Learning madrasah sebagai pintu masuk utama pelaksanaannya, sedangkan E-Learning Madrasah digunakan sebagai alat untuk mengamati keberadaan siswa, gambaran nilai-nilai atau nilai akademik lainnya. masalah. Mempromosikan pengembangan siswa. Adapun pemilihan platform pembelajaran tergantung pada guru. (2) pembelajaran online yang dilakukan memberikan dua konsekuensi bagi siswa yaitu konsekuensi positif yang berupa optimalisasi karakter jiwa pembelajar siswa. Dari sisi negatif pembelajaran online yang dilaksanakan meningkatkan stres peserta didik dan memungkinkan peserta didik mengalami gadget sindrom. (3) pembelajaran online memberikan sumbangsih yang cukup besar pula terhadap peningkatan rasa takut guru akan efektivitas pembelajaran yang dilaksanakan dan konflik peran yang harus dirasakan oleh guru terutama bagi guru yang memiliki anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 05:14
Last Modified: 27 May 2021 05:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item