..(LEMBAR PERSETUJUAN BELUM DITANDA TANGANI, WATERMARK BLM ADA, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA)..KEPERCAYAAN DIRI REMAJA ANAK TKI (Studi Kasus di Desa Semanding Kecamatan Jenangan)

Afadil, Nizarul (2021) ..(LEMBAR PERSETUJUAN BELUM DITANDA TANGANI, WATERMARK BLM ADA, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA)..KEPERCAYAAN DIRI REMAJA ANAK TKI (Studi Kasus di Desa Semanding Kecamatan Jenangan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Nizarul Afadil 211516045 (new).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afadil, Nizar. “Kepercayaan Diri Remaja Anak TKI (studi kasus di desa semanding kecamatan Jenangan)”. Skripsi, Fakultas Ushuluddin, Program Studi Bimbingan Peyuluhan Islam.
Kata kunci: Keperacyaan Diri Remaja, Pola Asuh, Orang Tua
Kepercayaan diri merupakan hal yang penting dalam setiap orang. tanpa adanya kepercayaan diri akan menimbulkan banyak masalah pada diri seseorang khususnya pada remaja. Hal tersebut dikarenakan dengan kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasi segala potensinya. Kepercayaan diri bisa dipengaruhi oleh beberapa hal ssalah satunya keluarga kasih sayang, perhatian serta pengarahan dari orang tua akan membentuk rasa percaya diri yang baik pada anak sebaliknya hubungan keluarga yang buruk juga akan berdampak buruk pada kepercayaan diri remaja. Hal tersebut yang terjadi pada remaja desa Semanding Kecamatan Jenangan dimana sebagian besar masyarakat didesa tersebut bekerja sebagai TKI. Hal tesebut membuat hubungan anak dan orang tuanya renggang yang tentunya berdampak pada kepercayaan diri anak,. Untuk mengantisipasi adanya kepercayaan diri yang buruk dari remaja akibat jauh dari orang tuanya maka dibutuhkan strategi untuk membangun kepercayaan diri remaja anak TKI.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri remaja desa Semanding Kecamatan Jenangan (2) strategi membangun kepercayaan diri remaja yang orang tuanya menjadi TKI di desa Semanding Kecamatan Jenangan.
Untuk menjawab penelitian diatas penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, peneliti menggunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi
Hasil penelitian menunjukkan, dalam factor yang paling berpengaruh dalam kepercayaan diri remaja ialah factor keluarga dan factor lingkungan masyarakat. Remaja yang kurang kasih sayang dari orang tuanya cenderung memeiliki kepercayaan diri yang buruk, dan sulit bergaul dimasyarakat. Perhatian, komuikasi dan menjaga perasaan anak merupakan strategi yang efektif dalam membangun kepercayaan diri remaja hal ini tidak hanya dilakukan oleh keluarga melainkan juga seluruh masyarakat dilingkungan tersebut agar tercipta lingkungan yang nyaman untuk remaja khususnya remaja yang jauh dari orang tuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 04:18
Last Modified: 27 May 2021 04:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13917

Actions (login required)

View Item View Item