PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE WAFA PADA SISWA TKIT 1 QURROTA A’YUN PONOROGO

Rosa, Miranda Ilmia (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE WAFA PADA SISWA TKIT 1 QURROTA A’YUN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211117026_MIRANDA ILMIA ROSA_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosa, Miranda Ilmia. 2021. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Wafa pada Siswa TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Wafa.
Umat Islam diharapkan selalu berupaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Mengenalkan Al-Qur’an sejak dini dapat dilakukan dengan pengenalan huruf hijaiyah. Kemampuan membaca Al-Qur’an di TKIT 1 Qurrota A'yun sebagian masih rendah. Hal ini ditandai dengan adanya anak yang kurang lancar dalam panjang pendek dan melafalkan huruf hijaiyah. Di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo membuat program tahsin untuk orang tua yang dilaksanakan setiap Senin guna mencapai tujuan pembelajaran membaca Al-Qur’an
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peran orang tua sebagai fasilitator, 2) peran orang tua sebagai motivator, 3) peran orang tua sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Wafa pada siswa TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peran orang tua sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Wafa pada siswa TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo dilakukan dengan orang tua yang telah terlibat dalam membantu anak membaca Al-Qur’an saat di rumah, menyediakan fasilitas berupa buku Wafa, alat peraga, meja belajar, papan tulis, tempelan huruf hijaiyah. Untuk orang tua yang mempunyai kesibukan, orang tua mendatangkan guru private; 2) peran orang tua sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Wafa pada siswa TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo telah berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan mempersiapkan anak ketika akan ujian naik jilid, pemberian perhatian, hadiah, dan hukuman; 3) peran orang tua sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Wafa pada siswa TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo dilakukan oleh ayah dan ibu dengan memberikan penjelasan ketika anak mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an, mengatur jadwal membaca Al-Qur’an anak saat di rumah, dan mengatasi masalah anak dalam membaca Al-Qur’an dengan berkomunikasi baik kepada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 05:13
Last Modified: 27 May 2021 05:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13914

Actions (login required)

View Item View Item