..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penerapan Metode Tartil dan Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Remaja Masjid Al-Karim Mojorejo Jetis Ponorogo

Fuadah, Shofia Jauharoh (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penerapan Metode Tartil dan Lingkungan Keluarga terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Remaja Masjid Al-Karim Mojorejo Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317067_SHOFIA JAUHAROH FUADAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan membaca al-Qur’an adalah kemampuan seseorang untuk membaca ayat-ayat Al-Qur’an, karena seseorang dituntut untuk membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Berdasarkan kenyataan saat ini, masih banyak remaja yang lemah dalam membaca al-Qur’an. Hal ini disebabkan kurangnya generasi muda dalam menerapkan metode membaca al-Qur’an dengan baik, seperti metode tartil, dan lingkungan keluarga yang tidak mendukung anak-anaknya untuk membaca al-Qur’an. Hasil penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa perlu dilakukan peningkatan penerapan penggunaan metode tartil dalam membaca al-Qur’an, karena dengan menggunakan metode tartil memungkinkan anak mudah untuk membaca Al-Qur’an secara perlahan dan teratur sesuai dengan kaidah al-Qur'an dan harus adanya dukungan keluarga untuk membimbing anak dalam membaca al-Qur’an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui signifikansi pengaruh penerapan metode tartil terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja Masjid Al-Karim Mojorejo Jetis Ponorogo, (2) mengetahui signifikansi pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja Masjid Al-Karim Mojorejo Jetis Ponorogo, dan (3) mengetahui signifikansi pengaruh penerapan metode tartil dan lingkungan keluarga terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja Masjid Al-Karim Mojorejo Jetis Ponorogo. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka. Populasi dalam penelitian ini adalah semua remaja masjid Al-Karim Mojorejo, yaitu sejumlah 60 remaja masjid. Dalam penelitian ini peneliti memilih teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan sampel jenuh yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yakni 60 remaja masjid. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan tes.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) penerapan metode tartil berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja masjid Al-Karim. Berdasarkan hasil analisis data thitung> ttabel dengan nilai thitung sebesar 3.908 dan ttabel sebesar 2.002. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan penerapan metode tartil berpengaruh sebesar 20.8% terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja masjid Al-Karim dan 79.2% sisanya berpengaruh oleh faktor lain yang tidak disertakan atau dipelajari dalam model. (2) lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja masjid Al-Karim. Berdasarkan hasil analisis data, thitung > ttabel dengan nilai thitung sebesar 3.411 dan ttabel sebesar 2.002. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan lingkungan keluarga berpengaruh sebesar 16.7% terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja masjid Al-Karim dan 83.3% sisanya berpengaruh oleh faktor lain yang tidak disertakan atau dipelajari dalam model. (3) penerapan metode tartil dan lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja masjid Al-Karim, berdasarkan hasil analisis data, Fhitung> Ftabel dengan nilai Fhitung sebesar 10.282 dan Ftabel sebesar 3.16. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, didapatkan penerapan metode tartil dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap kemampuan membaca al-Qur’an remaja masjid Al-Karim. sebesar 26.5% dan 73.5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan atau dipelajari dalam model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 05:12
Last Modified: 27 May 2021 05:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13913

Actions (login required)

View Item View Item