..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengembangan Sikap Entrepreneur Santri Melalui Kegiatan Keterampilan di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Ningrum, Fiqih Nirwana (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengembangan Sikap Entrepreneur Santri Melalui Kegiatan Keterampilan di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317248 FIQIH NIRWANA NINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Fiqih Nirwana. 2021. Pengembangan Sikap Entrepreneur Santri melalui Kegiatan Keterampilan di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.M. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata Kunci: Entrepreneur, Kegiatan Ketrampilan, Pondok Pesantren
Berbagai masalah muncul di masyarakat baik masyarakat umum maupun dikalangan santri setelah menyelesaikan pendidikan. Kurang kreatifnya santri dalam artian mereka masih bingung atau tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah terjun langsung di masyarakat. Karena kebanyakan lembaga pendidikan baik umum maupun pesantren hanya memberikan pendidikan dalam bidangnya saja. Pendidikan umum hanya memberikan pengetahuan tentang ilmu-ilmu umum dan di pesantren hanya memberikan pengetahuan agama saja tanpa adanya bekal ketrampilan untuk kelak ketika santri atau siswa sudah terjun di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan pelaksanaan kegiatan keterampilan dalam rangka mengembangkan sikap entrepreneur santri di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo (2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan keterampilan dalam rangka mengembangkan sikap enterpreneur santri di Pondok Pesantren al- Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Upaya pelaksanaan pengembangan sikap entrepreneur santri melalui kegiatan keterampilan di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo terbagi ke dalam 5 bidang diantaranya adalah (a) Permebelan (b) Perkebunan (c) Pengelasan (d) Pengelolaan Depot Air Minum (e) Teknisi Jaringan Wi-Fi. Terdapat nilai-nilai Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri melalui kegiatan keterampilan di Pondok Pesantren al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo antara lain (a) Jujur dan Amanah (b) Ibtikaari (Kreatif) (c) Ikhtiro’ (Inovatif) (d) Dinamis (e) Profesional (f) Ta’awun (g) Tanggung jawab (h) Ikhtiyar dan Kerja Keras (i) Tekun dan Ulet. (2) Dalam meningkatkan pengembangan sikap entrepreneur santri tentu tidak terlepas dari faktor pendukung dan penghambat terlaksananya kegiatan keterampilan yang ada di Pondok Pesantren al-Barokah diantaranya: (1) Faktor pendukung: (a) Kemampuan pengasuh, (b) Sarana dan prasarana, (3) Semangat santri dan (4) Lingkungan masyarakat. (2) Faktor penghambat: (a) Faktor Biaya, namun hanya dalam beberapa bidang saja karena pengelolaan berbeda yang berpengaruh pada pendapatannya. (b) Faktor santri, mayoritas santri putra al-Barokah adalah mahasiswa hal tersebut menjadi tantangan tersendiri, karena sangat sulit mengaturnya. Akibatnya ada beberapa santri yang keluar tanpa izin saat kegiatan keterampilan dilaksanakan dengan berbagai alasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:59
Last Modified: 27 May 2021 01:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13906

Actions (login required)

View Item View Item