Pengaruh Status Pekerjaan Ibu dan Kepribadian Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Nafiah, Nafiah (2021) Pengaruh Status Pekerjaan Ibu dan Kepribadian Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317063_NAFIAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Seorang muslim haruslah mampu membaca Al-Qur’an karena kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kemampuan dasar yang harus mereka miliki. Kunci utama seorang muslim dalam melaksanakan ibadahnya terletak pada mampu atau tidaknya seseorang membaca ayat Al-Qur’an sesuai dengan kaidah syar’i selain itu kita sebagai umat muslimberpedoman hidup pada Al-Qur’an, itulah yang menjadi sebab mengapa seorang muslim harus mampu membaca Al-Qur’an dengan baik.Berbicara terkait realita zaman sekarang, masih banyak santri madrasah diniyah yang belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya bimbingan dan relasi orang tua yang kurang baik dengan sang anak karena orangtua mereka sibuk bekerja. Selain itu juga bisa disebabkan karena kepribadian sang anak yang kurang baik sehingga dapat mengganggu proses belajar mereka sehingga kurang maksimal dalam hasil belajarnya. Dari hasil observasi awal yang dilakukan peneliti melalui wawancara, dengan salah satu ustadzah Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo, diperoleh informasi bahwa santri-santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok masih belum bisa maksimal dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat ditandai dengan bukti: ketika membaca Al-Qur’an belum lancar, belum sesuai dengan ilmu tajwid, serta pelafalan huruf hijaiyah yang belum sesuai dengan makhorijul huruf.
Adanya penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui signifikansi pengaruh status pekerjaan ibu terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo; (2) mengetahui signifikansi kepribadian terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo; (3) mengetahui signifikansi pengaruh status pekerjaan ibu dan kepribadian terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif, yang datanya berupa angka. Populasi dan sampel dari penelitian ini sebanyak 60 responden. Semua responden yang diteliti level mengajinya sudah sampai Al-Qur’an. Instrumen pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) Status pekerjaan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo dengan prosentase sebesar 22.9% (2) Kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo dengan prosentase sebesar 25.4% (3) Status pekerjaan ibu dan Kepribadian berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Al-Mubarok Paringan, Jenangan, Ponorogo, dengan prosentase sebesar 36.3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 03:21
Last Modified: 27 May 2021 03:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13903

Actions (login required)

View Item View Item