Problematika Menghafal Al-Qur'an Santri Sekolah Menengah Pertama di Ma'had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur'an Nglumpang Mlarak Ponorogo

Safrina, Rike Roziani Nur (2021) Problematika Menghafal Al-Qur'an Santri Sekolah Menengah Pertama di Ma'had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur'an Nglumpang Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317160 RIKE ROZIANI NURSAFRINA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Safrina, Rike Roziani Nur. 2021. Problematika Menghafal Al-Qur’an Santri Sekolah Menengah Pertama Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Dosen Pembimbing: Dr. Kharisul Wathani, M.Ag.

Kata Kunci : Problematika, Menghafal al-Qur’an

Pada zaman sekarang ini menghafal al-Qur’an merupakan suatu keutamaan yang sangat esar, dan hal itu sangat didambakan oleh semua umat. Pembelajaran tahfidz bisa dilakukan sejak dini, karena masih sangat mudah untuk menghafal dan lebih cepat untuk megingatnya sampai dewasa. Ma’had Al-Muqoddasah merupakan lembaga yang berbasis pesantren atau tahfidz (Hafalan). Disamping itu, dalam hafalan al-Qur’an setiap orang akan mengalami problematika atau kendala dalam proses hafalan.

Penelitian ini bertujuan upaya untuk (1) mengetahui kemampuan menghafal al-Qur’an santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo, (2) menjdeskipsikan faktor apa saja yang menyebabkan kesulitan menghafal al-Qur’an santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo, dan (3) untuk menjelaskan upaya apa saja yang dilakukan Guru/Ustadz dalam mengatasi kesulitan menghafal al-Qur’an santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan sumber data yang diperoleh melalui Ustad/Ustadzah Koordinator tahfidz dan pembimbing, Guru Sekolah Menengah Pertama Al-Muqoddasah, beserta santri Sekolah Menengah Pertama Al-Muqoddasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Proses analisa data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan menghafal al-Qur’an santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo adalah berbeda yang dapat dilihat melalui kecerdasan/IQ setiap santri dan keaktifan mereka ketika menyetorkan hafala (2) faktor yang menyebabkan kesulitan menghafal al-Qur’an santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo adalah malas dan ngantuk (3) upaya yang dilakukan Guru/Ustadz dalam mengatasi kesulitan menghafal al-Qur’an santri Sekolah Menengah Pertama di Ma’had Al-Muqoddasah Li Tahfidzil Qur’an Nglumpang Mlarak Ponorogo dengan bimbingan Ustadz/Ustadzah, memberi motivasi, dan muroja’ah hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 03:20
Last Modified: 27 May 2021 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13902

Actions (login required)

View Item View Item