Pembudayaan Disiplin Siswa SMP Ma'arif 1 Ponorogo dan Dampaknya Terhadap Akhlak Tahun Ajaran 2020/2021

Safitri, Ullil Alba (2021) Pembudayaan Disiplin Siswa SMP Ma'arif 1 Ponorogo dan Dampaknya Terhadap Akhlak Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317155 ULLIL ALBA SAFITRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ullil, Alba Safitri, 2021. Pembudayaan Disiplin Siswa SMP Ma’arif 1 Ponorogo Dan Dampaknya Terhadap Akhlak Tahun Ajaran 2020/2021.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ahmad Lutfi, M.Fil.I.

Kata Kunci: Disiplin, Dampak, Akhlak

Pembiasaan disiplin adalah pembiasaan baik yang tentu mengarah ke pendidikan akhlak.Standar ukuran baik buruk akhlak adalah berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga universal dan abadi.Sedangkan moral selalu dikaitkan dengan ajaran baik dan buruk.Pembiasaan disiplin jugaakan mencerminkan pembangunan dalam diri jiwa seorang siswa. Sikap disiplin adalah kepatuhan terhadap tata tertib atau peraturan yang telah ditentukan. Yang mana dikatakan bisa menjadi salah satu daripada bentuk kepatuhan terhadap peraturan, tatanan, norma serta tunduk patuh dalam lingkup pengawasan dan pengendalian. Disiplin juga salah satu faktor untuk membentuk kepribadian seseorang.Bagi siswa kedisiplinan mempunyai pengaruh positif bagi kehidupan mereka setelah mereka keluar dari jenjang pendidikan.Ketika siswa mampu menerapkan kedisiplinan entah di sekolah maupun diluar sekolah maka akan timbul kebiasaan baik yang muncul dari dalam jiwa siswa serta menjadikannya pribadi yang lebih baik. Siswa yang notabennya memiliki kepribadian yang bertanggung jawab tentu ia juga memiliki sisi positif, positif dalam berperilaku yang mana hal tersebut juga termasuk ke dalam akhlak yang baik.
Berkenaan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mengetahui bentuk-bentuk peraturan pendisiplinan, (2) untuk mengetahui bagaimana pembudayaan disiplin SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (3) untuk mengetahui dampak pembudayaan disiplin terhadap akhlak siswa.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.Metode pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.Sedangkan analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SMP Ma’arif 1 Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) bentuk-bentuk aturan pendisiplinan banyak sekali diantaranya meliputi kebiasaan berseragam dengan lengkap, dilakukannya shalat duha secara berjamaah, tidak membolos, selalu tertib dalam melaksanakan jadwal piket, (2) terkait dengan pembudayaan ada beberapa bentuk aktivitas yang bisa menunjang siswa untuk lebih disiplin salah satu diantaranya kegiatan kepramukaan yang melatih siswa untuk berjiwa disiplin serta tanggung jawab, (3) untuk dampaknya, ketika siswa mampu menerapkan perilaku disiplin maka jiwanya juga akan tertanam perilaku yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Lutfi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 03:17
Last Modified: 27 May 2021 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item