..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Implementasi Program Kelas Alfamart di SMKN 1 Ponorogo

Haqiqiyah, Nailatur Rima (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Implementasi Program Kelas Alfamart di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Haqiqiyah, Nailatur Rima. 2021. Implementasi Program Kelas Alfamart di SMKN 1 Ponorogo.
SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Implementasi, Kelas Alfamart

Pelaksanaan pendidikan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah suatu proses pembelajaran dan bimbingan di sekolah dan ditambah proses pelatihan kerja di dunia usaha yang sesungguhnya. Akan tetapi berdasarkan data badan pusat statistik jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 6,88 juta orang. Jumlah ini berpotensi naik karena dampak pandemi Covid-19. Dan ketua komunitas sales Indonesia, Ahmad Madani menuturkan dalam artikel “SMK Sumbang Pengangguran Terbesar, Paling Banyak Jurusan Pemasaran” yaitu penyumbang pengangguran terbesar adalah lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK). SMK penyumbang pengangguran terbesar paling banyak jurusan pemasaran. Kondisi ini dapat memicu keprihatinan sekaligus menjadi tantangan yang harus dihadapi. Hal ini karena masih banyak lulusan SMK lulusan jurusan pemasaran yang kualifikasinya belum sesuai dengan tuntutan yang diminta industri. Dalam hal ini sekolah mengah kejuruan dituntut untuk dapat mencetak lulusan yang berkompeten di bidang wirausaha maupun bidang lainnya yang dapat memajukan perekonomian bangsa. Berdasarkan uraian singkat di atas, peneliti bermaksut akan mengadakan penelitian dengan rumusan masalah:
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk menjelaskan proses seleksi pada program kelas alfamart di SMKN 1 Ponorogo 2) untuk menjelaskan proses pembinaan dan pengembangan kompetensi kewirausahaan siswa kelas alfamart di SMKN 1 Ponorogo 3) untuk menjelaskan proses evaluasi kompetensi kewirausahaan siswa kelas alfamart di SMKN 1 Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Yang mana peneliti langsung terjun kelapangan untuk mengetahui fenomena apa yang terjadi, sesuai rumusan masalah yang sudah disusun. Dalam pengumpulan data peneliti melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamat, dan perpanjangan pengamatan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) seleksi untuk kelas alfamart dilakukan dengan yang pertama pengumuman dari alfamart kemudian diadakan seleksi dengan berbagai cara yaitu dengan tes uji kompetensi, tes psikotest, tes fisik, dan tes wawancara. semua seleksi ini dilakukan langsung oleh pihak alfamart pada saat kelas X semester awal. 2) pembinaan dan pengembangan kompetensi kewirausahaan siswa tidak ada yang khusus dari pihak alfamart. Di SMKN 1 Ponorogo melalui tiga program yaitu intrakurikuler dengan kurikulum sinkronisasi antara pihak alfamart dengan sekolah, kemudian dengan program ekstrakurikuler di SMKN 1 Ponorogo tersedia ekstrakurikuler kewirausahaan, dimana peserta didik tidak diwajibkan untuk mengikutinya hanya yang berminat saja. Di ekstrakurikuler ini siswa mendapatkan ilmu-ilmu tambahan mengenai berwirausaha selain itu juga dibimbing untuk mengikuti lomba kewirausahaan di luar sekolah. Program yang selanjutnya yaitu kokurikuler yaitu dengan mendatangkan guru tamu dari pihak alfamart dan adanya prakerin (praktik kerja industri). 3) proses evaluasi kompetensi kewirausahaan siswa secara langsung tidak ada, akan tetapi evaluasi yang dilakukan di kelas alfamart ini yaitu dengan tes dan nontes. Dengan tes yaitu dengan uji kompetensi mengenai materi-materi yang terdapat pada krikulum sinkronisasi tersebut. Dan untuk nontes dengan adanya praktik secara langsung yang dilakukan oleh pihak alfamart.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 03:05
Last Modified: 27 May 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item