..(TAMBAHKAN WATERMARK, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, IKUTI PANDUAN DI WEBSITE, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Analisis Maslahah Pemberlakuan Batas Usia Perkawinan Pasca Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Terhadap Penetapan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2020

Syarifah, Dyah Ayu (2021) ..(TAMBAHKAN WATERMARK, LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, IKUTI PANDUAN DI WEBSITE, UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Analisis Maslahah Pemberlakuan Batas Usia Perkawinan Pasca Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Terhadap Penetapan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Dyah Ayu Syarifah 210117011.pdf

Download (7MB)

Abstract

Syarifah, Dyah Ayu, 2021. Analisis Mas}lah}ah Pemberlakuan Batas Usia Perkawinan Pasca Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Terhadap Penetapan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Ponorogo Tahun 2020. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Mas}lah}ah, Batas Usia Perkawinan, Dispensasi Nikah.
Dalam salah satu teori mas}lah}ah dijelaskan, yaitu pada mas}lah{ah ad- d}a>ru>riyat dalam salah satu dari lima tujuan pokok yang harus ada pada manusia yaitu pemeliharaan keturunan. Allah memerintahkan hamba-hambaNya untuk menikah agar mereka dapat mendapatkan dan melindungi keturunannya. Oleh karena itu, Undang-Undang membuat batas usia perkawinan bagi seseorang ang akan menikah. Batas usia perkawinan diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 yang merupakan perubahan dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 yang berisi seseorang yang ingin melangsungkan pernikahan harus berumur minimal 19 tahun baik laki-laki maupun perempuan. Tetapi pada kenyataannya, kenaikan batas usia perkawinan membuat dampak pada kenaikan permohonan perkara dispensasi nikah di Pengadilan Agama Ponorogo. Kenaikan ini mencapai 50% lebih, yaitu pada tahun 2019 hanya ada 93 perkara, sedangkan pada tahun 2020 naik sampai 236 perkara.
Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana analisis mas}lah}ah tentang alasan meningkatnya pengajuan dispensasi nikah pasca perubahan batas usia perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 di Pengadilan Agama Ponorogo? (2) Bagaimana analisis mas}lah}ah tentang alasan penetapan dispensasi nikah pasca perubahan batas usia perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 di Pengadilan Agama Ponorogo? Untuk menjawab dari kedua rumusan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), serta menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menggali data kemudian mereduksinya.
Berdasarkan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) bahwasanya tidak semua alasan kenaikan perkara dispensasi nikah membawa mas}lah}ah, ada juga yang membawa mafsadah (2) Bahwasanya tidak semua alasan dalam pengajuan dispensasi nikah dikabulkan oleh hakim Pengadilan Agama Ponorogo. Hal tersebut dikarenakan tidak semua alasan dalam permohonan dispensasi nikah itu terbukti dan mendesak, serta membawa mas}lah}ah, ada juga yang membawa mafsadah apabila kasus tersebut dikabulkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 03:03
Last Modified: 27 May 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13892

Actions (login required)

View Item View Item