..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kegiatan Kerohanian Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus PSHT Ranting Babadan Cabang Ponorogo)

Umam, Aha Khoirul (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN BLM ADA, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kegiatan Kerohanian Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus PSHT Ranting Babadan Cabang Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317240_AHA KHOIRUL UMAM_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter memiliki tujuan agar manusia dapat berhubungan baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri dan juga sesama manusia serta lingkungan dan juga kebangsaan. Akan tetapi pada kenyataannya dekadansi moral terus terjadi terutama pada generasi muda. Peran pendidikan menjadi sorotan pada era saat ini. Tidak hanya pendidikan formal melainkan juga non formal yang dituntut untuk bisa memperbaiki karakter generasi muda dengan berlandaskan nilai- nilai islami. Salah satu pendidikan non formal yang memberikan pendidikan karakter adalah pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang berada di Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo yang memiliki tujuan akhir yaitu mendidik manusia berbudi luhur tahu benar dan salah melalui kegiatan kerohanian yang ada di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk menjelaskan penerapan kegiatan kerohanian dalam membentuk karakter siswa PSHT Ranting Babadan. (2) untuk menjelaskan dampak kegiatan kerohanian terhadap karakter siswa PSHT Ranting Babadan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan kegiatan kerohanian dalam membentuk karakter anggota Persaudaraan Setia Hati Terate di Ranting Babadan terbagi menjadi tiga tahap yakni tahap pertama meliputi rekruitmen anggota, tahap kedua adalah tahapan inti yang merupakan proses selama latihan berlangsung yang dimulai dari pembukaan, latihan inti, dan penutup, dan tahap akhir merupakan syarat yang harus di tempuh siswa senelum disahkan menjadi anggota Persaudaraan Setia Hati Terate dengan diberikannya materi disetiap tingkatan sabuk dan lulus tes kenaikan sabuk dengan materi lima ajaran pokok yang disebut panca dasar yang meliputi persaudaraan, olahraga, kesenian, beladiri, dan kerohanian. (2) adapun kontribusi kegiatan kerohanian dalam membentuk karakter siswa PSHT Ranting Babadan menghasilkan karakter- karakter yang mulia antara lain karakter : religius, jujur, disiplin, tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 03:01
Last Modified: 27 May 2021 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13891

Actions (login required)

View Item View Item