..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BOTOL AJAIB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

LATHIFA, ANNISA FITRIA (2021) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA BOTOL AJAIB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS IV SDN JETIS PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA FITRIA LATHIFA PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo meskipun telah mempelajari PPKn sejak kelas I, mayoritas siswa kelas IV SDN Jetis Kabupaten Ponorogo masih belum menguasai dengan baik muatan pelajaran tersebut. Hal ini sesuai dengan wawancara wali kelas IV bahwa hasil PAS yang dilakukan pada pertengahan semester 1 tahun ajaran 2020/2021 dari 10 siswa kelas IV yang mengikuti PAS, lebih dari 50% siswa masih belum menguasai materi PPKn. Ketidakpahaman siswa terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) disebabkan oleh kurang seriusnya siswa mengikuti proses pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa kelas IV di SDN Jetis Kabupaten Ponorogo saat mengikuti pembelajaran PPKn materi bersikap toleransi dalam keragaman di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media botol ajaib. (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media botol ajaib dapat meningkatkan hasil belajar PPKn materi materi bersikap toleransi dalam keragaman di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan kelas IV di SDN Jetis Kabupaten Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo yang berjumlah 10 siswa.
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka diperoleh: (1) Aktivitas siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo dalam pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media botol ajaib pada setiap siklus mengalami peningkatan. Sesuai hasil analisis pada siklus I aktivitas siswa masih kurang, karena ketuntasan hanya mencapai 70% dengan kriteria yang tuntas berjumlah 50% terdapat 5 siswa, tuntas berjumlah 25% terdapat 2 siswa dan tidak tuntas atau 0% terdapat 3 siswa. Hasil analasis siklus II bahwa aktivitas siswa ketuntasannya sudah mencapai 100% dengan kriteria yang tuntas berjumlah 75% terdapat 6 siswa, berjumlah 50% terdapat 2 siswa, dan tuntas berjumlah 25% terdapat 2 siswa. Dan hasil dari siklus III diperoleh bahwa aktivitas siswa ketuntasannya sudah mencapai 100% dengan kriteria yang tuntas berjumlah 100% terdapat 7 siswa, 75% terdapat 2 siswa, dan berjumlah 50% masih ada 1 siswa. (2) Keberhasilan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media botol ajaib pada muatan pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas IV SDN Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021 ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari masing-masing siklus, yaitu pada tahap siklus I ketuntasan 60% dengan rata-rata kelas 68, siklus II ketuntasan 100% dengan rata-rata kelas 84, dan siklus III ketuntasan 100% dengan rata-rata kelas 92 dengan kategori sangat baik. Dari hasil pelaksanaan dan pengamatan siswa dalam penelitian ini cenderung meningkat pada setiap siklusnya, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media botol ajaib dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV SDN Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 02:58
Last Modified: 27 May 2021 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13884

Actions (login required)

View Item View Item