..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN KEPALA TPQ AL-MUQQOROBIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR`AN ANAK DI DESA MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

Bagaskara, Haydar (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN KEPALA TPQ AL-MUQQOROBIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MEMBACA AL-QUR`AN ANAK DI DESA MOJO KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317374_HAYDAR BAGASKARA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bagaskara, Haydar. 2021. Peran TPQ Al-Muqqorobin dalam meingkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an anak di Desa Mojo, Andong, Boyolali. Skripsi. Program Study Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Heriyundanta, M.Pd.I
Kata kunci: TPQ, motivasi membaca Al-Qur`an
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai kemampuan masyarakat Islam dalam membaca Al-Qur`an yang masih dirasa kurang, di Indonesa menurut PTIQ jakarta sekitar 50-70% kemampuan masyarakat yang beragama Islam dalam membaca Al-Qur`an masih dapat dikatakan rendah. Dalam mengatasi permasalahan tersebut banyak lembaga yang berusaha untuk mengatasi hal tersebut baik lembaga formal maupun non formal, tidak terkecuali lembaga TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur`an) yang merupakan salah satu bentuk lembaga Pendidikan non formal yang berusaha dalam memperbaiki dan meningkatkan kemampuan keagamaan masyarakat khususnya dalam hal kemampuan dalam memahami dan membaca Al-Qur`an.
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana motivasi belajar membaca Al-Qur`an anak di Desa Mojo (2) mengetahui bagaimana peran dari kepala TPQ Al-Muqorrobin dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an anak di Desa Mojo (3) Untuk mengetahui bagaimana faktor yang penghambat dan pendorong TPQ Al-Muqorrobin dalam meningkatkan motivasi belajar membaca Al-Qur`an anak di Desa Mojo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini berpedoman pada teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk menganalisis data yang ada berpedoman pada teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Sedangkan untuk mengetahui bagaimana keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan pengamatan dan triangulasi data dan teknik.
Dari hasil penelitian di temukan bahwa: (1) motivasi belajar membaca Al-Qur`an anak-anak di Desa masih terbilang rendah, masih banyak anak yang lebih suka bermain dari pada mengaji, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua sebab bekerja, ataupun pengaruh dari lingkungan dan teman (2) Peran kepala TPQ Al-Muqqorobin adalah meningkatkan kemampuan dan motivasi anak serta masyarakat dalam mempelajari agama islam tidak terkecuali Al-Qur`an, dengan menggunakan berbagai strategi untuk menarik minat mereka, seperti mengadakan perlombaan antar TPQ maupun antar kelas, melakukan refreshing dan mengadakan pengajian dengan mengundang da`i yang terkenal agar masyarakat tertarik (3) faktor pendorong dalam penerapan tujuan TPQ adalah: tingginya dukungan dari orang tua serta masyarakat yang ada dan semangat yang tinggi dari peserta didik untuk belajar, sementara faktor penghambatnya adalah masih kurangnya sarana dan prasarana khususnya gedung pengajaran, cuaca yang kadang kurang mendukung serta kondisi anak yang kadang kurang baik, seperti sakit dan lelah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyundanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 02:56
Last Modified: 27 May 2021 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13880

Actions (login required)

View Item View Item