..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penerapan Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Di Tpq As Salam Dusun Prayan Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Saputra, Bagus Hendra Adi (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penerapan Pendidikan Karakter Religius Pada Anak Di Tpq As Salam Dusun Prayan Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317346_BAGUS HENDRA ADI SAPUTRA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Bagus, Hendra. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Religius pada anak di TPQ As Salam Dusun Prayan Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.
Kata Kunci: Penerapan, Pendidikan, Karakter Religius
TPQ As Salam merupakan suatu organisasi atau lembaga non formal yang menaungi kegiatan keagamaan, yang bertempat di lingkungan masyarakat dusun Prayan, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur. Dalam upaya menumbuhkan pendidikan karakter religius pada santri TPQ As Salam, ustadz Salam memberlakukan peraturan-peraturan dimana dapat menumbuhkan keinginan dan antusias santri dalam kegiatan yang ada di TPQ As Salam. Selain itu, terdapat juga kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter religius santri seperti: kegiatan mengaji, mendapatkan tausiyah dari ustadz Salam setelah proses pembelajaran mengaji selesai.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran beserta penerapan dalam menumbuhkan pendidikan karakter anak melalui kegiatan yang ada di suatu lembaga TPQ di lingkungan masyarakat. Serta memaparkan dan menganalisis pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang ada di TPQ As Salam dalam menumbuhkan karakter religius pada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus di TPQ As Salam. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter di TPQ As Salam dilaksanakan setiap hari pada waktu sore, kecuali pada hari kamis. Dimana dalam proses pembelajaran terdapat aturan dan kegiatan untuk menumbuhkan karakter kepada santri, seperti: hafalan doa bagi yang terlambat, tausiyah ustadz setelah proses mengaji selesai, dan lain sebagainya. Dimana kegiatan tersebut bertujuan agar dapat menumbuhkan pendidikan karakter yang awalnya menurun menjadi lebih baik. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan penanaman pendidikan karakter yaitu dorongan diri sendiri, orang tua, motivasi ustadz, dan peran lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya jumlah pengajar, kurangnya sarpras, rendahnya tingkat pemahaman wali santri terhadap agama, dan pengaruh teman sebaya. (3) Hasil pelaksanaan pendidikan karakter di TPQ As Salam dapat menumbuhkan pendidikan karakter yang baik bagi santri. Mulai dari karakter kedisiplinan dalam melakukan sholat berjama’ah di mushola, karakter jujur yaitu saat santri melakukan kesalahan mulai berani mengakuinya, serta karakter toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:55
Last Modified: 27 May 2021 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13879

Actions (login required)

View Item View Item