Penggunaan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom Kebonsari Madiun Tahun Akademik 2020/2021

Susanti, Rahayu (2021) Penggunaan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom Kebonsari Madiun Tahun Akademik 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617128 RAHAYU SUSANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Susanti, Rahayu. 2021. Penggunaan Metode Resitasi pada Mata Pelajaran PPKn untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom Kebonsari Madiun Tahun Akademik 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci: Metode Resitasi, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran PPKn.

Metode resitasi merupakan metode yang dilakukan dengan cara menyajikan bahan pelajaran di mana guru memberikan sejumlah tugas terhadap siswa untuk dipertanggung jawabkan kepada guru. Metode resitasi diyakini sebagai metode pembelajaran yang variatif karena membuat pembelajaran menjadi lebih unik, menarik minat, motivasi, dan menambah keaktifan siswa untuk mengikuti pembelajaran. Sehingga mampu meningkatkan pencapaian hasil belajar siswa. Khususnya pada mata pelajaran yang mengandung banyak teori seperti PPKn. Oleh karenanya diperlukan adanya pengembangan tatanan dalam pembelajaran. Salah satunya di MI Nurul Iman Pucanganom Kebonsari Madiun.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prosedur penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran PPKn di kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom Kebonsari Madiun Tahun Akademik 2020/2021, (2) mengetahui bahwa penggunaan metode resitasi pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MI Nurul Iman Pucanganom Kebonsari Madiun Tahun Akademik 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Yakni penelitian tindakan kelas dengan model siklus yang terdiri dari dua siklus. Model yang dikenalkan oleh Kemmis dan Mc Taggart dari Deakin University Australia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan evaluasi. Sedangkan metode analisis data dengan menggunakan penilaian terhadap hasil evaluasi dan ketuntasan klasikal kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) prosedur penggunaan metode resitasi ada tiga fase, yakni fase penugasan, pelaksanaan tugas, dan pertanggungjawaban. Ketiganya memiliki keterkaitan satu sama lain dalam proses pembelajaran. (2) Dalam penggunaannya, metode resitasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran PPKn. Dapat dibuktikan pada peningkatan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I peningkatan hasil belajar siswa mencapai 81%. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa mencapai 100%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II membuktikan bahwa seluruh siswa kelas VI telah tuntas dalam pencapaian hasil belajar PPKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:56
Last Modified: 27 May 2021 01:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item