Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Islam dan Ukhuwah Islamiyah di Desa Sumberjo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro

Habiburrachman, Habiburrachman (2021) Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Islam dan Ukhuwah Islamiyah di Desa Sumberjo Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317320 HABIBURRACHMAN.pdf

Download (992kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Habiburrachman. 2021, Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Agama Islam dan Ukhuwah Islamiyah di Desa Sumberjo, Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata Kunci: Tokoh Agama, Nilai-nilai Agama Islam, Ukhuwah Islamiah

Penelitian ini dilatar belakangi dengan sebuah kenyataan bahwa dalam sebuah masyarakat yang mayoritas penduduknya beragama Islam tidak menjadi jaminan bahwa masyarakat tersebut memiliki pengetahuan tentang pendidikan agama Islam yang tinggi, seperti halnya kondisi masyarakat di Desa Sumberjo dengan pengetahuan tentang pendidikan agama Islam yang masih awam. Dengan adanya pengajaran dan penerapan tentang pendidikan agama Islam oleh para tokoh agama, di harapkan nantinya agar masyarakat mampu dalam menjalankan syari’at Islam dan juga memiliki pengetahuan tentang pendidikan agama yang tinggi agar mereka selamat di Dunia maupun di Akhirat.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis kegiatan keagamaan apa yang ada di Desa Sumberjo Kecamatan margomulyo Kabupaten Bojonegoro.(2) Untuk mengetahuidan menganalisis bagaimana peran tokoh agama dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di Desa Sumberjo Kecamatan margomulyo Kabupaten Bojonegoro. (3) Untuk mengetahuidan menganalisis kontribusi pelaksanaan kegiatan keagamaan tersebut dalam mewujudkan Ukhuwah Islamiyah di Desa Sumberjo Kecamatan margomulyo Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Dengan teknik pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam terhadap informan yang dianggap mempunyai pengetahuan yang komprehensif tentang informasi yang terkait dengan topik penelitian yang dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan keagamaan yang ada di Desa Sumberjo yaitu yasin dan tahlil, khotmil Qur’an, kajian tentang problem atau permasalahan keagamaan, kegiatan pembacaan manaqib Syeck Abdul Qodir Al-Jaelani dan istighosah, dan kajian kitab kuning Naso’iqul Ibad. (2) Peran tokoh agama dalam pelaksanaan kegiatan keagamaan di Desa Sumberjo yaitu sebagai leader dalam kegiatan yasin dan tahlil, khotmil Qur’an, dan pembacaan manaqib, kemudian peran tokoh agama sebagai edukator, mediator dan fasilitatro dalam kegiatan kajian tentang problem atau permasalahan keagamaan dan kajian kitab kuning. (3) Kontribusi pelaksanaan kegiatan keagamaan di Desa Sumberjo menambah tali sillaturrahim dan juga kebersamaan antar masyarakat Desa Sumberjo dan menjalin Ukhuwah Islamiyah diantara masyarakat di Desa Sumberjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:57
Last Modified: 27 May 2021 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item