upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar siswa dalam Pembelajaran Daring di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

jalaludin, maulana imam (2021) upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar siswa dalam Pembelajaran Daring di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi 210317319 Maulana Imam Jalaludin.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jalaludin, Maulana Imam. 2021. Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skrisi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.

Kata Kunci: Upaya, Minat, Motivasi, Pembelajaran Daring
Di masa pandemi Covid-19 sekolah maupun lembaga pendidikan menerapkan pembelajaran daring. Pembelajaran daring merupakan cara atau metode pembelajaran daalam jaringan bisa dikatakan pemebelajaran dari rumah. Pada saat pembelajaran daring tidak luput dari yang namanya permasalahan, salah satunya adalah jaringan yang kurang memadai dan mengakibatkan pembelajaran jadi tidak maksimal. Dalam penelitian saya, upaya Guru PAI meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo merupakan hal penting yang harus diterapkan setiap guru tentunya. Fasilitas yang ada di sekolah harus dimanfaatkan secra benar dan sesuai fungsinya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan Upaya Guru PAI dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Upaya yang di lakukan oleh guru yaitu dengan membuat pembelajaran yang menyenangkan dengan menerapkan metode seperti game ataupun quis dan menggunakan whatsapp.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, jenis pendekatan studi kasus di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa: (1) upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada saat daring di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo adalah dengan cara menggunakan metode yang tepat dalam pelaksanaan pembelajaran daring. (2) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada saat daring di SMA 1 Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa giat dan semangat pada saat pembelajaran. (3) faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah sebagaian siswa kesulitan dalam mengakses internet maupun jaringan yang ada kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:53
Last Modified: 27 May 2021 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item View Item