Kompetensi Entrepreneur Kepala Madrasah dalam Pengembangan Madrasah Unggul di MAN 2 Magetan

Mu'arifah, Anisa (2021) Kompetensi Entrepreneur Kepala Madrasah dalam Pengembangan Madrasah Unggul di MAN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211217013 ANISA MU'ARIFAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mu’arifah, Anisa. 2021. Kompetensi Entrepreneur Kepala Madrasah dalam Pengembangan Madrasah Unggul di MAN 2 Magetan. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I..
Kata Kunci: Kompetensi Entrepreneur, Kepala Madrasah, Madrasah Unggul.
Madrasah merupakan lembaga pendidikan formal yang berbasis islam. Kemendikbud menetapkan kriteria madrasah unggul sebagai berikut: seleksi peserta didik yang ketat sesuai dengan standar, sarpras yang memadai, lingkungan sekolah yang kondusif, guru dan tenaga kependidikan berkualitas, kurikulum yang diperkaya, serta proses pembelajaran berkualitas. Namun masih banyak madrasah yang belum berpredikat unggul, dibuktikan dengan madrasah yang terakreditasi B lebih banyak dari madrasah yang terakreditasi A. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk pengembangan madrasah yang melekat pada peran kepala madrasah dengan kompetensi entrepreneur/kewirausahaan yang dimilikinya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan madrasah unggul. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Kemampuan berkreasi kewirausahaan kepala madrasah dalam pengembangan madrasah unggul di MAN 2 Magetan, (2) Kemampuan melihat peluang kewirausahaan kepala madrasah dalam pengembangan madrasah unggul di MAN 2 Magetan, (3) Kemampuan manajerial kewirausahaan kepala madrasah dalam pengambangan madrasah unggul di MAN 2 Magetan. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diukur dengan: triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Kreasi kepala madrasah meliputi: seleksi yang ketat dengan metode placement test, parenting test, dan tes keagamaan, sarpras yang berbasis IT, program TATIB dan pembuatan taman, adanya program keterampilan, pembelajaran metode paikem gembrot, Pelatihan guru dan tenaga kependidikan. (2) Peluang yang ditangkap kepala madrasah: Penjaringan peserta didik yang unggul, melakukan bimbingan berkelanjutan dan mempertahankan prestasi, menyediakan sarpras untuk meningkatkan prestasi, mempertahankan rasa asah, asih, asuh sesuai nilai keagamaan, penerapan metode pembelajaraan yang terkini, memotivasi guru dan tenaga kependidikan serta memfasilitasinya, menciptakan kurikulum plus, produksi air mineral M2M, pembuatan jam dinding digital dan program keterampilan. (3) Manajerial kepala madrasah: Seleksi peserta didik: pengelompokkan sesuai IQ dan kemampuan, pembentukan panitia, pemberian wawasan kepada guru, monitoring. Sarana prasarana: pengadaan sarpras, pengelompokkan sarpras, pemberian arahan, pengawasan. Lingkungan yang kondusif: menjalin komunikasi yang baik, analisis kebutuhan madrasah, pengarahan, pengawasan. Pembelajaran yang berkualitas: pengembangan profesionalisme pembelajaran, alat evaluasi belajar dan hubungan sekolah, pengelolaan madrasah, serta monitoring. Guru dan tenaga kependidikan: pemfasilitasan dengan pelatihan, mewujudkan guru yang professional, program evaluasi, monitoring. Kurikulum: memahami tujuan pembelajaran dan mengembangkan kurikulum, mengkaji materi pembelajaran, pengarahan kepada guru mengenai metode pembelajaran, penilaian proses pembelajaran. Program kewirausahaan: melibatkan seluruh warga madrasah dan melihat kekuatan madrasah, penempatan guru sesuai bidang, pembagian tugas, melihat laporan-laporan dari setiap program kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:53
Last Modified: 27 May 2021 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

View Item View Item