Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin dalam Menanamkan Akhlak Karimah Bagi Santri di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo

Anam, Saiful (2021) Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin dalam Menanamkan Akhlak Karimah Bagi Santri di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316329_SAIFUL ANAM_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anam, Saiful. 2021. Pembelajaran Kitab Akhlak Lil Banin dalam Menanamkan Akhlak Karimah Bagi Santri di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ali Ba’ul Chusna, M.Si

Kata Kunci: Kitab Akhlak Lil Banin, Akhlak

Fenomena yang ada dalam kehidupan masyarakat saat ini banyak kita jumpai akhlak para generasi muda mengalami dekadensi. Banyak faktor yang melatarbelakangi fenomena tersebut, salah satu faktor utamanya yaitu arus globalisasi yang tak terkendali. Mayoritas generasi muda saat ini, enggan untuk mencintai dan menerapkan budaya bangsa yang lebih condong ketimuran. Mereka lebih mengidolakan dan mengikuti budaya luar yang ke-Baratan. Usaha yang dapat dilakukan dalam rangka mewujudkan akhlak generasi yang sesuai Islam bisa dengan beragam jalan. Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan adalah pondok pesantren salafiyah yang ada di Ponorogo, di pondok tersebut diajarkan berbagai kitab-kitab klasik, salah satu kitab yang dipelajari dipondok pesantren Darul Hikam yaitu kitab Akhlak Lil Banin karangan Syaikh Umar bin Achmad Baradja. kitab Akhlak Lil Banin menjelaskan tentang beberapa akhlak yang harus dilakukan dan juga yang harus di tinggalkan oleh seseorang anak. Jika anak sudah mempelajari kitab ini maka anak juga akan mengetahui akhlak yang harus dihindari maupun akhlak yang harus dilakukan.
Berdasarkan masalah yang ditemukan, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan dan menjelaskan pelaksanaan pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo, 2) Mengetahui kontribusi pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin dalam menanamkan akhlak karimah santri di Pondok Pesantren Darul Hikam Joresan Mlarak Ponorogo.
Selanjutnya untuk mengkaji permasalahan tersebut, maka peneliti mengggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Adapun proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tiga langkah analisis data yaitu reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian diperoleh: 1) Pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Darul Hikam dilaksanakan 1x dalam seminggu, yaitu setiap malam Selasa dengan durasi waktu 60 menit. Pembelajaran dipimpin oleh ustadz Sahri, dan diikuti oleh santri kelas 1 Madrasah Diniyah Darul Hikam. Proses pembelajaran dibagi ke dalam tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan penutup. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode wetonan. 2) Kontribusi pembelajaran kitab Akhlak Lil Banin di pondok pesantren Darul Hikam yaitu adanya perubahan, perubahan tersebut dilihat dari dua aspek yaitu aspek pengetahuan akhlak dan perubahan tingkah laku santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 02:55
Last Modified: 27 May 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13864

Actions (login required)

View Item View Item