..(DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Budaya Literasi Membaca Al-Qur'an sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Al-Qur'an Siswa di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang

Wulandari, Dinda Mei (2021) ..(DAFTAR PUSTAKA BLM ADA, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Budaya Literasi Membaca Al-Qur'an sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Al-Qur'an Siswa di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
PERPUS 210317279 DINDA MEI WULANDARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Dinda Mei. 2021. Efektifitas Budaya Literasi Membaca Al-Qur’an sebagai Upaya
Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Negeri 1
Jogoroto Jombang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Umar Sidiq, M. Ag.
Kata Kunci : Efektivitas, Budaya Literasi Membaca Al-Qur’an, Kemampuan dan Minat
Budaya literasi pada masa kini merupakan upaya yang tepat untuk meningkatkan
kemampuan dan minat siswa dalam pembelajaran, serta melatih keterampilan siswa dalam
membaca, menyimak, menulis dan berbicara. Adanya budaya literasi ini diharapkan siswa mampu
belajar dan mempelajari ilmu dengan mandiri dari buku maupun sumber ilmu lainnya. Namun
kenyataannya, literasi sumber tertulis seperti Al-Qur’an dan buku mulai jarang diminati oleh
kalangan remaja saat ini. Remaja saat ini lebih gemar mengakses gadget untuk mendapatkan
informasi secara praktis, sehingga kegiatan literasi tertulis saat ini mulai ditinggalkan. SMP Negeri
1 Jogoroto Jombang adalah salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan budaya literasi
membaca Al-Qur’an sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk menekan
angka kenakalan pada siswa dengan cara membiasakan siswa dengan membaca Al-Qur’an serta
meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam membaca Al-Qur’an, program ini diharapkan
dapat membentuk karakter Islami siswa. Maka dari itu peneliti memilih judul efektifitas budaya
literasi membaca Al-Qur’an sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan minat membaca Al￾Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan budaya literasi membaca Al￾Qur’an di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang, memaparkan faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan budaya literasi membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang serta
mendeskripsikan efektivitas pelaksanaan budaya literasi membaca Al-Qur’an sebagai upaya
meningkatkan kemampuan dan minat siswa di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dengan
menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen kunci dalam penelitian ini
adalah peneliti itu sendiri, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.
Hasil penelitian ini adalah (1) budaya literasi membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Jogoroto
Jombang merupakan kegiatan yang menerapkan metode pembiasaan, yang dilaksanakan setiap
hari setiap pukul 07.00-07.30 WIB, dengan didampingi oleh guru sebagai penanggung jawab
pelaksanaan program tersebut, materi atau bacaan surah yang diberikan dalam kegiatan ini
bervariasi, dalam mengevalusi kegiatan ini guru menerapkan hukuman atau sanksi bagi siswa yang
tidak mengikuti kegiatan ini dengan baik. (2) Faktor pendukung dari program budaya literasi
membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Jogoroto Jombang adalah adanya dukungan penuh yang
diberikan oleh seluruh masyarakat sekolah dan juga faktor pendukung eksternal dari lingkungan
tempat tinggal siswa seperti keluarga dan lembaga pendidikan non formal seperti TPQ, sedangkan
faktor penghambat dari pelaksanaan program budaya literasi membaca Al-Qur’an di SMP Negeri
1 Jogoroto Jombang adalah kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya program budaya
literasi membaca Al-Qur’an sehingga program budaya literasi membaca Al-Qur’an kurang
dimanfaatkan dengan baik. (3) Budaya literasi membaca Al-Qur’an dinilai efektif untuk
meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam membaca Al-Qur’an selain dapat menekan
angka kenakalan pada siswa, program budaya literasi membaca Al-Qur’an juga dapat membentuk
karakter siswa yang lebih Islami dan religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 02:32
Last Modified: 27 May 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13854

Actions (login required)

View Item View Item