Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani

Sholikah, Maratus (2021) Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-Thesis SKRIPSI MARATUS Sholikah -211017060.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maratus Sholikah.2021. Analisis Semiotika Pesan Dakwah Dalam Novel Ajari Aku
Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah. Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo M.A.

Kata Kunci:Pesan Dakwah, Novel Ajari Aku Menuju Arsy.
Banyak masyarakat yang masih mengartikan dakwah sebagai kegiatan ceramah seorang pendakwah di depan banyak orang, padahal dakwah dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Dakwah memiliki banyak cara atau metode, salah satunya adalah dakwah melalui tulisan (bi al-qolam). Dakwah melalui tulisan juga memiliki macam-macam media dakwah, salah satunya adalah melalui sebuah novel.
Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis memutuskan untuk meneliti bagaimana pesan dakwah dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani. Novel tersebut menarik dan layak untuk diteliti, sebab novel Ajari Aku Menuju Arsy merupakan novel yang bergenre Islami, di dalamnya terdapat banyak pesan dakwah.
Penelitian ini fokus pada pesan dakwah yang terkandung dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani. Dalam pembahasannya, disusun beberapa rumusan masalah, yaitu : Bagaimana penanda dan petanda yang terkandung dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani Dan Bagaimana pesan dakwah dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani. Tujuan penelitian ialah Untuk mengetahui penanda dan petanda yang terkandung dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy Karya Wahyu Sudjani.dan Untuk mendeskripsikan pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy karya Wahyu Sudjani.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif analisis semiotika. Unit analisis penelitian ini adalah kutipan-kutipan teks novel Ajari Aku Menuju Arsy. Jenis objek penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Semiotika Ferdinand De Saussure dengan dua tahap penanda (signifier) dan petanda (signified).
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan bahwa Penanda dan petanda pesan dakwah yang terkandung dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy, diantaranya pesan dakwah yang meliputi keimanan, ikhtiar, sabar, taubat, persaudaraa, sikap jujur, dzolim, sifat hasud dan dengki, tolong-menolong, memaafkan, dan terdapat juga penanda dan petanda pesan dakwah berupa Larangan mendekati zina. Pesan dakwah yang terkandung dalam novel Ajari Aku Menuju Arsy yaitu aqidah, akhlak, dan Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:46
Last Modified: 27 May 2021 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13852

Actions (login required)

View Item View Item