PESAN DAKWAH DALAM VLOG YOUTUBE GITA SAVITRI DEVI MASJID LIBERAL DI BERLIN (Analisis wacana Teun A. Van Dijk)

Maulida, Lailatul (2021) PESAN DAKWAH DALAM VLOG YOUTUBE GITA SAVITRI DEVI MASJID LIBERAL DI BERLIN (Analisis wacana Teun A. Van Dijk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Ethesis_Lailatul maulida -211017052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maulida, Lailatul. 2021. Pesan Dakwah Dalam Vlog Youtube Gita Savitri Devi Masjid Liberal Di Berlin (Analisis wacana Teun A. Van Dijk). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Muchlis Daroini, S.sos.I, M.kom.I.
Kata kunci:Pesan dakwah, Konten Youtube Masjid Liberal Di Berlin, Analiasis wacana Teun A. Van Dijk.
Media sosial saat ini menjadi sangat berarti dan sangat fenomenal untuk dijadikan sebagai sarana untuk mengakses informasi, bisnis, dan menyampaikan sebuah pesan. Salah satu media yang digandrungi masyarakat saat ini adalah Youtube. pada saat ini youtube dapat digunakan sebagai media sekaligus menjadi penunjang kegiatan dakwah. Salah satu dari pengguna yang memanfaatkan youtube sebagai media untuk berbagi secara positif adalah Gita Savitri Devi. Seorang perempuan yang menempuh pendidikan di Berlin, Jerman. Penulis mengambil konten beropini milik Gita yang berjudul “Masjid Liberal di Berlin”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dalam konten youtube Gita Savitri berjudul Masjid Liberal Di Berlin. Untuk mengetahui pesan dakwah tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pesan dakwah dalam struktur makro vlog youtube Gita Savitri Devi Masjid Liberal di Berlin? (2) Bagaimana pesan dakwah dalam superstruktur vlog youtube Gita Savitri Devi Masjid Liberal di Berlin? (3) Bagaimana pesan dakwah dalam struktur mikro vlog youtube Gita Savitri Devi Masjid Liberal di Berlin?. Untuk identifikasi masalah, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan observasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan analisis wacana oleh Teun A. Van Dijk.
Penelitian ini menghasilkan beberapa kandungan pesan dakwah dalam konten youtube Gita Savitri berjudul Masjid Liberal Di Berlin. Pertama, menyikapi sebuah perbedaan terkait dengan agama atau bersikap toleransi, mengajak agar tetap berpedoman pada al-Qur’an dan Hadits. Kedua, mengajak untuk menghormati atau menghargai perbedaan pemahaman Syeran ates, menjunjung tinggi ilmu pengetahuan terlebih ajaran agama dan mengajak untuk memberi nasehat kepada orang lain. Ketiga, mengajak untuk memahami kesetaraan gender, dan menutup aurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:44
Last Modified: 27 May 2021 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13849

Actions (login required)

View Item View Item