..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)...Keterlibatan Orang Tua dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan

Yayuk, Yayuk (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, UPLOAD ULANG)...Keterlibatan Orang Tua dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210616040_YAYUK_PGMI.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Yayuk. 2021. Keterlibatan Orang Tua dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, MA

Kata kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Keterlibatan Orang Tua
Kurikulum 2013 menyajikan materi pelajaran yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari karena dalam pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik (scientific approach) sehingga pelajaran yang sudah diperoleh dari sekolah akan berhasil jika diterapkan di rumah dengan bimbingan orang tua. Untuk itulah keterlibatan orang tua sangat penting, sekaligus bisa mendampingi serta bisa mengawasi anaknya untuk menyelesaikan beberapa tugas yang diberikan oleh gurunya. Namun, dari data yang diperoleh latar belakang pendidikan orang tua yang masih rendah, kebanyakan adalah tamatan SD atau yang sederajat hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi anak ketika mendampingi anak belajar. Serta pekerjaan orang tua siswa yang mayoritas bekerja sebagai petani menunjukkan bahwa dalam kebutuhan pendidikan bisa dikatakan mengalami kesusahan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Keterlibatan Orang Tua dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan. (2) Untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam tahap perencanaan kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan. (3) Untuk mendeskripsikan keterlibatan orang tua dalam tahap pelaksanaan kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan. (4) Untuk mendeskrisikan hambatan orang tua dalam implementasi kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan dan Orang Tua siswa SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat ditemukan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan sebelumnya sudah dikenalkan di kelas 1 dan 4, namun keserentakan dalam mengimplementasian Kurikulum 2013 dari kelas 1 sampai kelas 6 di awal tahun 2020. Para guru sangat responsif dalam melaksanakan Kurikulum 2013 hal ini terlihat bapak/ibu guru berupaya untuk memaksimalkan proses pembelajaran. (2) Keterlibatan orang tua siswa di SDN 2 Ngreco Tegalombo Pacitan pada tahap perencanaan, orang tua mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh pihak sekolah tentang perubahan kurikulum 2013. Keterlibatan orang tua di sini hanya keaktifan dalam menghadiri kegiatan rapat komite (sosialisasi) tidak terlibat terhadap perencanaan (penyusunan) Kurikulum 2013 dikarenakan pemahaman orang tua terhadap Kurikulum yang latar belakang para orang tua masih kurang. (3) Keterlibatan orang tua pada tahap pelaksanaan implementasi Kurikulum 2013 di SDN 2 Ngreco Tegalombo antara lain, Orang tua menanamkan pendidikan karakter kepada anak di rumah dengan melakukan pembiasaan mulai dari hal-hal kecil, menasehati dan memberi contoh kapada anak untuk menghormati sesama, karakter sopan santun, mandiri, serta religius. Orang tua mendampingi proses belajar anak di rumah dan membantu anak mengerjakan tugas. Orang tua membimbing ketika anak kesulitan dalam mengerjakan tugas. Memantau perkembangan anak di sekolah, orang tua berkomunikasi dengan para guru untuk mengetahui kemajuan belajar anaknya selama di sekolah. (4) Hambatan keterlibatan orang tua dalam implementasi kurikulum 2013 dapat ditemukan bahwa orang tua belum mengetahui maksud dari Kurikulum 2013 ini sehingga keterlibatan orang tua terhadap proses belajar anak di rumah menjadi kurang berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:36
Last Modified: 27 May 2021 01:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13843

Actions (login required)

View Item View Item