Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Ponorogo

Nirmaladewi, Diyah (2021) Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DIYAH NIRMALADEWI 210317048 GABUNGAN 4433 PERPUS WATERMARK.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Diyah, Nirmaladewi. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negerti (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. Basuki, M.Ag.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Media Pembelajaran Daring, PAI dan Budi Pekerti

Media pembelajaran daring dapat mempermudah siswa dalam menguasai materi, meningkatkan motivasi, minat, dan menjadikan pembelajaran lebih jelas dan bermakna. Keefektivitasan pembelajaran daring mewajibkan guru untuk kreatif memanfaatkan media pembelajaran daring yang menyenangkan, mudah dipahami, dan agar siswa tidak merasa jenuh dan tetap aktif belajar di rumah. Mengingat pentingnya pemanfaatan media pembelajaran daring, maka di SMP Negeri 4 Ponorogo masa pandemi Covid-19, guru PAI sudah kreatif memanfaatkan media pembelajaran dengan mengadopsi media sosial berupa WhatsApp dan YouTube menjadi media belajar, menggunakan platform e-learning berupa Google Classroom dan Google Form untuk pembelajaran daring. Sehingga pembelajaran yang menyenangkan, mudah dipahami, siswa tidak jenuh dan aktif belajar di rumah dapat dicapai.
Penelitian ini bertujuan (1) Menjelaskan media pembelajaran daring yang digunakan guru PAI di SMP Negeri 4 Ponorogo, (2) Mendeskripsikan kendala pemanfaatan media pembelajaran daring mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 4 Ponorogo, (3) Mendeskripsikan upaya guru PAI mengatasi kendala dalam memanfaatkan media pembelajaran daring di SMP Negeri 4 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMP Negeri 4 Ponorogo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan sumber data yaitu waka kurikulum, guru PAI, dan siswa. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data peneliti menemukan hasil penelitian yaitu 1) Media pembelajaran daring yang digunakan guru PAI di SMP Negeri 4 Ponorogo yaitu media sosial berupa WhatsApp dan Youtube dan menggunakan platform e-learning berupa Google Classroom dan Google Form. 2) Kendala pemanfaatan media pembelajaran daring di SMP Negeri 4 Ponorogo, hambatan dari guru yaitu hambatan internal meliputi hambatan psikologis dan hambatan fisik, serta hambatan eksternal yaitu kultural dan lingkungan. Sedangkan hambatan dari siswa yaitu hambatan internal meliputi hambatan psikologis dan hambatan fisik, serta hambatan eksternal yaitu lingkungan. 3) Upaya guru PAI mengatasi kendala internal yaitu menggunakan media yang praktis dan mudah digunakan siswa, menarik dan fleksibel, memberi nilai secepat mungkin, menelpon anak, orang tua atau kunjungan rumah, melihat nilai sesuai yang dikerjakan siswa, mengerjakan pada malam hari, mengatur waktu. Sedangkan, upaya mengatasi hambatan eksternal yaitu beradaptasi, menyadari dan mengutamakan tugas mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:35
Last Modified: 27 May 2021 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13842

Actions (login required)

View Item View Item