(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Metode Bandongan dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo

Nurazizah, Siti (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Implementasi Metode Bandongan dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi _210317085_Siti Nurazizah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nurazizah, Siti. 2021. Implementasi Metode Bandongan dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni,M. Pd.I.
Kata kunci: Metode Bandongan, Karakter, Pesantren
Metode Bandonngan merupakan salah satu metode pengajaran yang diterapkan dipondok pesantren, yaitu seorang kyai membacakan kitab kuning, menerjemahkan dan menjelaskannya, sedangkan santri memaknai kitab yang dibacakan kyai pada kitab mereka masing-masing dalam proses pembelajaran dengan metode bandongan posisi duduk antara Ustādh dan santri saling berhadap-hadapan serta menempati satu majelis yang sama. Model pembelajaran dengan metode seperti ini dapat digunakan untuk membentuk karakter santri yaitu karakter religius yaitu ketawadhuan dan keserderhanaan santri, bertanggung jawab terhadap ilmu yang ia peroleh kemudian karakter disiplin ketika pembelajaran. Salah satu pondok pesantren yang mengunakan metode bandongan dalam pembentukan karakter santri adalah pondok pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo dimana penelitian ini dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan metode Bandongan di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo, (2) mendeskripsikan faktor yang mempengarungi pembentukan karakter santri melalui pelaksanaan metode Bandongan di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo, dan (3) mendeskripsikan karakter santri yang terbentuk melalui pelaksanan metode Bandongan di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Pelaksanaan metode Bandongan di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo yaitu pengajian diawali ketika Ustādh memulai pengajian dengan mengucap salam kemudian mengucap tawasul kepada Nabi Muhammad Saw, para ulama dan para pengarang kitab serta guru terdahulu, selanjutnya Ustādh membacakan makna kitab kemudian Ustādh menjelaskan penjelasan dalam kitab dengan disertai pengamalan nahwu sharaf dalam penjelasan tersebut selalu di sertai contoh contoh seputar kehidupan sehari-hari. (2) Faktor yang dapat membentuk karakter santri melalui pelaksanaan metode Bandongan adalah faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal adalah faktor individu atau bawaan serta faktor lingkungan atau bimbinngan dari Ustādh. (3) Karakter yang dapat terbentuk melalui pelaksanaan metode Bandongan adalah karakter religius atau perilaku tawadhu’ kepada seorang Ustādh serta perilaku sederhana yang terbentuk karena adanya pengetahuan dan interaksi antara santri dan Ustādh, karakter tanggung jawab terbentuk karena seorang santri yang telah mendapat ilmu pengetahuan mempunyai kewajiban untuk menerapkan ilmu serta munculnya kedekatan sosial antara santri dan Ustādh sehingga seorang santri merasa mempunyai tanggung jawab yang besar atas sanad keilmuan yang bersumber dari Ustādh dan yang terakhir adalah karakter disiplin yang terbentuk karena peran Ustādh sangat berpengaruh serta adanya pengaruh motivasi santri secara individu dalam kedisiplinan pembelajaran dikarenakan dalam metode ini tidak adanya aturan terikat terkait kehadiran dan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:31
Last Modified: 27 May 2021 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item