..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, LEMBAR KEASLIAN DISERTAI MATERAI, UPLOAD ULANG)...PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I SDN BLIMBING GUDO JOMBANG SELAMA PANDEMI COVID-19

Ningrum, Effiana Cahya (2021) ..(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DENGAN STEMPEL, LEMBAR KEASLIAN DISERTAI MATERAI, UPLOAD ULANG)...PERAN ORANG TUA DALAM MENDUKUNG PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I SDN BLIMBING GUDO JOMBANG SELAMA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617092_EFFIANA CAHYA NINGRUM_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Effiana Cahya, 2021. Peran Orang Tua dalam Mendukung Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa pada Pembelajaran Daring di Kelas I SDN Blimbing Gudo, Jombang Selama Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pencapaian Kompetensi Keterampilan Siswa, Pandemi Covid-19.
Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 diantaranya dengan menerapkan social and physical distancing. Hal ini berakibat pada pembatasan berbagai aktivitas termasuk diantaranya sekolah yaitu dengan diberlakukan kegiatan belajar dari rumah. Dikarenakan proses pembelajaran ini dilaksanakan di rumah maka muncullah peran lain dari orang tua yaitu membantu terlaksananya kegiatan Belajar dari Rumah selama masa Pandemi Covid-19 ini. Peran orang tua ini berhubungan dengan peran orang tua sebagai motivator, pembimbing, fasilitator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa walaupun kegiatan belajarnya dilaksanakan dari rumah.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai motivator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di Kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. (2) Untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai fasilitator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di Kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19. (3) Untuk mendeskripsikan peran orang tua sebagai pembimbing dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa pada pembelajaran daring di Kelas I SDN Blimbing Gudo Jombang selama pandemi Covid-19.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu wawancara,observasi partisipatif dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan analisis data atau penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Peran orang tua sebagai motivator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Pemberian hadiah, memberi pujian, tanda penghargaan, dan penghormatan. (2) Peran orang tua sebagai pembimbing dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Membantu anak untuk memahami potensi pada diri anak, menciptakan suasana yang mendorong pemikiran kreatif anak, memberikan kesempatan anak untuk mempraktekkan ide nya. (3) Peran orang tua sebagai fasilitator dalam mendukung pencapaian kompetensi keterampilan siswa kelas I dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Menfasilitasi anak smartphone yang sudah dilengkapi dengan jaringan kuota internet, buku tema dan alat tulis, peralatan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembelajaran keterampilan, lingkungan yang nyaman untuk belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:21
Last Modified: 27 May 2021 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13831

Actions (login required)

View Item View Item