Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk UMKM (Studi Kasus UMKM Sejoli Jamu Instan Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo)

Wahyuningtyas, Meti (2021) Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Produk UMKM (Studi Kasus UMKM Sejoli Jamu Instan Di Desa Paringan Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
e-thesis meti oke siap.pdf

Download (982kB) | Preview

Abstract

Salah satu kecanggihan media yakni Facebook, kecanggihan media sosial Facebook saat ini sudah tidak diragukan kembali, Facebook telah memiliki fitur-fitur baru yang berfokus untuk membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan produk-produk secara lebih mudah dan dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen. UMKM Sejoli merupakan Usaha Jamu instan yang masih satu-satunya di Desa Paringan kecamatan Jenangan, produk Jamu instan Sejoli berani bersaing di pasar luar negeri yakni Hong-Kong, Taiwan bahkan Amerika. Produk UMKM Sejoli lolos seleksi masuk ke dalam barang-barang yang akan di ekspor oleh kementrian ketenagakerjaan. UMKM Sejoli memiliki banyak varian jamu dan Packaging yang menarik dan banyak jenisnya akan membuat produk tersebut dilirik banyak konsumen.
Dalam penelitian ini peneliti membahas tentang: Pertama, bagaimana cara UMKM Sejoli dalam melakukan promosi melalui media Facebook. Kedua, bagaimana pemanfaatan F acebook dalam meningkatkan minat beli produk UMKM Sejoli. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif untuk menggambarkan dan mendeskripsikan bagaimana cara dan pemanfaatan berpromosi di Facebook dalam menarik minat calon konsumen di Facebook. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi pada UMKM Sejoli Jamu Instan.
Hasil dari penelitian ini yakni sebagai berikut: Pertama, UMKM Sejoli dalam berpromosi menggunakan Facebook belum sepenuhnya menggunakan fitur-fitur Facebook sebagai media Promosi fitur yang digunakan yakni hanya mengunggah foto, memberi caption, beriklan di Marketplace. Kedua, dengan menggunakan teori AIDA, pemilik UMKM Sejoli dalam pemanfatan Facebook belum sepenuhnya dalam penggunaannya sebagai media promosi produk jamu Sejoli, sehingga peminat pengguna Facebook lain terhadap produk-produk UMKM Sejoli masih terbilang sedikit. Hal ini membuktikan promosi yang dilakukan UMKM Sejoli di Facebook masih belum bisa dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 May 2021 01:18
Last Modified: 27 May 2021 01:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item View Item