Tinjauan 'Urf Terhadap Adat Larangan Nikah Mbarep Telon Di Desa Tawun kecamatan kasreman Kabupaten Ngawi

Putri, Dian Candra Kumala (2021) Tinjauan 'Urf Terhadap Adat Larangan Nikah Mbarep Telon Di Desa Tawun kecamatan kasreman Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Naskah Skripsi Dian candra Kp clear.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Dian Candra Kumala, 2021. Tinjauan ‘Urf Terhadap Adat Larangan Nikah Mbarep Telon Di Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Skripsi.Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.
Kata kunci/keyword: Hukum Perkawinan Islam, ‘Urf, dan Mbarep Telon
Pernikahan adalah perjanjian antara laki-laki dan perempuan untuk menempuh kehidupan rumah tangga.Sejak mengadakan perjanjian melalui akad, kedua belah pihak telah terikat dan sejak itulah mereka mempunyai kewajiban dan hak yang sebelumnya belum mereka miliki.Setelah masing-masing pasangan siap melakukan peranannya yang positif dalam mewujudkan tujuan pernikahan. Seseorang yang akan melangsungkan pernikahan tentunya akan melalui proses pencarian atau perjodohan untuk menentukan pasangan hidupnya.Aturan mengenai perkawinan termaktub dalam Al-qur’an, hadits, hukum positif, serta ‘Urf.Dalam praktiknya, masyarakat masih menggunakan tradisi dalam melaksanakan perkawinan, salah satunya Mbarep Telon, artinya pernikahan yang dilakukan oleh calon mempelaiyang keduanya adalah anak pertama dan salah satu orangtuanya juga anak pertama.
Adapun rumusan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tinjauan ‘urf terhadap praktik larangan nikah mbarep telon di Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi?(2) Bagaimana tinjauan ‘urfterhadap tradisi slametan tebus anak sebagai tolak balak dalam larangan nikah mbarep telon di Desa Tawun Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi?Untuk menjawab dari kedua rumusan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan ushul fiqih dengan jenis penelitian Kualitatif serta menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menggali data kemudian mereduksinya.
Berdasarkan pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) bahwasanya praktik larangan nikah mbarep telon memenuhi syarat-syarat diterima ‘urf sebagai sumber hukumdan termasuk dalam ‘urf shahih atau adat yang baik karena dalam adat ini bersifat sebagai penghati-hatian dalam menentukan pasangan. (2) Bahwasanya tradisi slametan tebus anak sebagai tolak balak dalam larangan pernikahan mbarep telontermasuk dalam ‘urf khass, ‘urf fi’li, dan ‘urf shahih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shofwatul Aini
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2021 07:47
Last Modified: 25 May 2021 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13820

Actions (login required)

View Item View Item