Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Tanah Di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Lestari, Wuri Putri (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Tanah Di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Wuri Putri, 2021, Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sewa Menyewa Tanah Di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Niswatul Hidayati, M.H.I.
Kata Kunci : Sewa Menyewa (ija>rah) dan Penetapan Harga ( Tas’i>r).
Muamalah adalah salah satu bagian dari hukum Islam yang mengatur beberapa hal yang berhubungan secara langsung dengan tata cara hidup antar manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dalam memenuhi kebutuhan, masyarakat melakukan berbagai kegiatan muamalah seperti sewa menyewa tanah. Tanah tidak luput dari objek yang disewakan dalam akad sewa menyewa. Mengingat fungsi tanah sangat bermanfaat untuk manusia. Dalam islam sewa menyewa disebut dengan ija>rah. Ija>rah ialah akad atas suatu kemanfaatan yang mengandung maksud tertentu dan mubah, serta menerima pengganti atau kebolehan dengan pengganti tertentu.
Adapun pokok permasalahan yang akan diteliti yaitu: 1. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam sewa menyewa tanah di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penetapan harga sewa tanah di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik penelitian data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad yang digunakan dalam praktik sewa-menyewa tanah di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo sudah memenuhi rukun (ija>rah), tetapi salah satu syarat dari i>jab dan qabu>l belum sepenuhnya terpenuhi. Dan dalam penetapan harga sewa menyewa tanah di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo belum sesuai dengan penetapan harga yang adil dan sah. Karena merugikan salah satu pihak, yaitu pemilik tanah. Karena hal tersebut sewa menyewa tanah yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo belum sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2021 06:10
Last Modified: 25 May 2021 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item View Item