..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI LENGKAPI DENGAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI)..PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENCAPAIAN VISI LEMBAGA (STUDI KASUS DI MTS DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO)

KHASANAH, KHASANAH (2020) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI LENGKAPI DENGAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING, LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI)..PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PENCAPAIAN VISI LEMBAGA (STUDI KASUS DI MTS DARUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211216021AIMATUL KHASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khasanah, Aimatul, 2020. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Pencapaian Visi Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo). Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Manajer, Visi Lembaga
Visi lembaga merupakan gambaran masa depan sekolah yang hendak dicapai di masa mendatang. Sebagai upaya pencapaian visi lembaga ini, perlu peran kepala sekolah sebagai penanggung jawab untuk menggerakkan seluruh SDM yang dimiliki sekolah sehingga setiap tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tugas yang diembannya masing-masing. Dalam hal ini peran kepala sekolah sebagai manajer sangat penting untuk memastikan seluruh tahapan manajemen berjalan dengan baik sehingga mendukung upaya pencapaian visi lembaga.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pencapaian visi lembaga di MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo; (2) mengetahui strategi kepala sekolah dalam pencapaian visi lembaga di MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo; (3) mengetahui tingkat keberhasilan kepala sekolah dalam pencapaian visi lembaga di MTs Darul Huda mayak Tonatan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) peran kepala sekolah sebagai manajer di MTs Darul Huda yaitu peran kepala sekolah dalam memberdayakan SDM yang ada, melibatkan dan memberikan kesempatan kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kinerjanya, serta melibatkan pihak lain dalam pelaksanaan program lembaga; (2) strategi kepala sekolah dalam mencapai visi lembaga di MTs Darul Huda adalah dengan adanya kerja sama lintas lembaga, penerapan pembiasaan-pembiasaan baik pada siswa, serta menjalin hubungan baik dengan semua tenaga kerja di madrasah (3) tingkat keberhasilan strategi kepala sekolah dalam pencapaian visi lembaga di MTs Darul Huda terlihat dari prestasi yang diraih oleh siswa, selain itu juga terlihat dari perubahan perilaku siswa yang sesuai dengan visi lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2021 06:09
Last Modified: 25 May 2021 06:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item