STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR MURID TAMAN KANAK-KANAK PGRI GROGOL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dewi, Endah Agustina (2021) STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENGAJAR MURID TAMAN KANAK-KANAK PGRI GROGOL PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dewi, Endah Agustina (2021) Strategi Komunikasi Guru Dalam Mengajar Murid Taman Kanak-Kanak PGRI Grogol Pada Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Komunika merupakan kebutuhan yang sangat melekat pada diri manusia. Sebagai makhluk sosial manusia tentu melakukan komunikasi. Dengan komunikasi manusia dapat dikatakan melakukan suatu hubungan karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat sendiri melainkan membutuhkan bantuan orang lain. Komunikasi sendiri dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.Namun, dengan munculnya covid-19 virus yang berasal dari China yang mewabah, menyerag, dan bahkan melumpuhka hamper seluruh Negara di dunia sehingga berdampak terhadap keberlangsungannya komunikasi, termasuk dalam dunia pendidikan. Misalnya dalam dunia pendidikan komunikasi terganggu dalam hal komunikasi guru dan murid dalam proses belajar mengajar.
Salah satu sekolah yang terdampak dengan adanya covid-19 yaitu TK PGRI Grogol. Semenjak adanya covid-19 TK PGRI Grogol terpaksa meliburkan muridnya. Hal ini merupakan upaya pemutusan rantai penyebaran covid-19. Walaupun demikian guru TK PGRI Grogol mengupayakan agar komunikasi mengajar guru dapat tersampaikan dengan baik dan dapat diterima murid. Untuk itu, guru menetapkan strategi komunikasi dalam mengajar murid TK PGRI Grogol. Strategi merupakan perencanaan. Sedangkan Komunikasi merupakan upaya penyampaian pesan yang dilakukan komunikator 1 ke komunikator 2. Sehigga, strategi komunikasi merupakan upaya penyampaian pesan antara komunikator 1 ke komunikator 2 secara efisien. Strategi komunikasi ini digunakan untuk mempermudah proses komunikasi agar pesan yang disampaikan dapat tersampaikan pada khalayak atau komunikan atau dapat tepat sasaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Guru Dalam Mengajar Murid Taman Kanak-Kanak PGRI Grogol Pada Masa Pandemi. Untuk mengetahui strategi komunikasi maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : (1) Bagaimana metode komunikasi guru dalam mengajar murid TK PGRI Grogol pada masa pandemi Covid-19 ? (2) Apa media yang digunakan sebagai sarana komunikasi di TK PGRI Grogol selama pandemi Covid-19?. Dalam melakukan penelitian komunikasi ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Peneliti menemukan metode komunikasi yang digunakan di TK PGRI Grogol yaitu: redudency, canalizing, informatif, persuasif, edukatif, dan cursive. Peneliti juga menemukan media-media yang digunakan di TK PGRI Grogol yaitu: media cetak (buku bacaan, buku tugas, dan buku baca) serta media aplikasi whatsApp (audio dan audio visual). Peneliti juga menemukan bentuk pembelajaran online dan offline (visit home).

Kata Kunci : Strategi, Komunikasi, Mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muchlis Daroini
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2021 01:54
Last Modified: 25 May 2021 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item View Item