..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Upaya menumbuhkan karakter religius dan jujur siswa melalui kegiatan membaca surat yasin pada masa new normal di MAN 2 Magetan

Latifah, Binti (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Upaya menumbuhkan karakter religius dan jujur siswa melalui kegiatan membaca surat yasin pada masa new normal di MAN 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317062 BINTI LATIFAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Latifah, Binti. 2021.Upaya Menumbuhkan Karakter Religius dan Jujur Siswa Melalui Kegiatan Membaca Surat Yasin Pada Masa New Normal Di MAN 2 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Drs. Waris, M.Pd.

Kata Kunci:Upaya, Religius,Jujur, Surat Yasin, New Normal
MAN 2 Magetan merupakan salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Magetan. Beralamatkan di Jalan Raya Maospati, Desa Purwosari, Kecamatan Magetan, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Dalam upaya untuk menumbuhkan karakter religius dan jujur pada siswa MAN 2 Magetan, madrasah melakukan kegiatan pembiasaan salah satunya melalui kegiatan membaca surat yasin. Kegiatan membaca surat yasin adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap pagi hari sebelum kegiatan belajar mengajar.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya menumbuhkan karakter religius dan jujur siswa pada masa new normal di MAN 2 Magetan. Serta memaparkan pelaksanaan kegiatan membaca surat yasin tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus di MAN 2 Magetan. Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dapat ditemukan bahwa: (1) keadaan karakter religius dan jujur siswa di MAN 2 Magetan secara umum kurang baik, dikarenakan mereka tumbuh dari tengah masyarakat yang berbeda serta ada beberapa siswa berasal dari sekolah umum. Selain itu kurangnya perhatian orang tua dan guru kurang dalam mengontrol peserta didik (2) pelaksanaan kegiatan membaca surat yasin dalam menumbuhkan karakter religius dan jujur siswa pada masa new normal adalah guru selalu memaksakan agar peserta didik melakukan kegiatan tersebut agar mereka terbiasa melakukannya, serta diakhir kegiatan tersebut kepala sekolah selalu memberikan tausyiah atau materi mengenai karakter religius dan jujur pada siswa. (3) dampak pelaksanaan kegiatan membaca surat yasin terhadap karakter religius dan jujur siswa pada masa new normal di MAN 2 Magetan mengalami peningkatan dalam karakter tersebut, hal ini berjalan dengan lancar dengan adanya dorongan dari faktor pendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Waris
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 May 2021 01:47
Last Modified: 25 May 2021 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13797

Actions (login required)

View Item View Item